Pekalongan (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, dinyatakan positif terpapar virus corona jenis baru atau (COVID-19),' kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setyawan Dwiantoro.

"Memang, aparatur sipil negara (ASN) positif COVID-19 adalah Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang (Taru) Kabupaten Pekalongan yang bertempat tinggal di Kecamatan Bojong," katanya di Pekalongan, Kamis.

Menurut dia, Kadinas PU dan Taru ini sudah jalani tes cepat (rapid test) dan pemeriksaan swab oleh tim dari dinas kesehatan dan dinyatakan positif terpapar virus corona.

Baca juga: Satu pasien virus corona di Pekalongan meninggal dunia

Baca juga: Pemkot Pekalongan siap perketat pintu masuk pemudik

Baca juga: Polresta Pekalongan bentuk posko Kampung Siaga COVID-19


Adapun riwayat pasien tersebut, kata dia, yang bersangkutan pernah kontak langsung dengan pasien virus corona dan habis menempuh perjalanan dari Pulau Bali.

"Pasien saat ini masih dirawat di ruang isolasi RSUD Kraton Pekalongan. Namun, untuk kondisi kesehatannya semakin membaik," katanya.

Setelah penetapan status Kadinas PU dan Taru, kata dia, Dinas Kesehatan sudah melakukan rapid test terhadap Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, anggota dewan, kepala dinas, ASN DPU yang telah pernah kontak langsung dengan pasien positif itu.

Ia mengatakan Dinkes telah melakukan antisipasi terhadap penyebaran virus corona itu dengan melakukan penelusuran (tracing), khususnya pada ASN yang pernah kontak dengan pasien COVID-19 itu.

Ia menambahkan berdasar hasil tracing, pasien itu habis menjemput anaknya di bandara karena pulang dari Bali dan putra yang bersangkutan juga dinyatakan positif virus corona.*

Baca juga: Pemkot Pekalongan gencarkan kampanye wajib pakai masker

Baca juga: Pemkab Pekalongan siap tambah RS rujukan COVID-19

Baca juga: Pemkot Pekalongan berlakukan jam malam antisipasi COVID-19

Pewarta: Kutnadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020