Polda Sumbar latih keselamatan berkendara ribuan pengemudi angkutan

Polda Sumbar latih keselamatan berkendara ribuan pengemudi angkutan

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto didampingi Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Yofie Girianto Putro meluncurkan Program Keselamatan 2020 (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Barat (Sumbar) akan memberikan pelatihan keselamatan berkendara kepada ribuan pengemudi angkutan umum di provinsi ini melalui Program Keselamatan 2020.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol Yofie Girianto Putro di Padang, Kamis, mengatakan untuk Sumbar ada sebanyak 7.639 pengemudi yang akan dilatih selama tiga bulan.

Ia mengatakan jumlah tersebut akan dibagi sesuai jumlah Polres di Sumbar dan masing-masing akan melatih sebanyak 400 orang lebih.

Baca juga: Ditlantas Polda Sumbar edukasi sopir cegah penyebaran COVID-19

Menurut dia, Program Keselamatan 2020 sudah diluncurkan Kapolda Sumatera Barat Irjen pol Toni Harmanto bersama Pimpinan Wilayah BRI Sumatera Barat dan Kota Padang.

"Ini merupakan program Kakorlantas yang kita jalankan dan bersinergi dengan pihak BRI. Mereka yang dilatih akan diberikan uang tabungan sebesar Rp600 ribu per bulan," kata dia

Dalam peluncuran program tersebut Kapolda Sumbar telah memberikan arahan langsung kepada Kasat Lantas seluruh Polres di Sumbar untuk menyukseskan kegiatan ini.

Baca juga: Kapolda Sumbar minta perketat pemeriksaan orang di pos perbatasan

"Kita latih seluruh pengemudi angkutan umum," kata dia.

Ia mengatakan ada tiga materi yang akan diberikan kepada pengemudi yakni pencegahan COVID-19 kemudian pelatihan keselamatan berlalu lintas dan keselamatan berkendara.

"Dalam pelaksanaan tentu dilakukan sesuai protokol kesehatan yang ada. Tidak menutup kemungkinan dilakukan secara daring," kata dia.

Baca juga: Kapolda Sumbar bagikan bahan pokok bantu warga terdampak COVID-19

Menurut dia, pelatihan dan bantuan terhadap pengemudi angkutan umum sangat dibutuhkan saat pandemi COVID-19.

"Kita berikan mereka pengetahuan dan juga membantu untuk memenuhi kebutuhan mereka secara ekonomi," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polwan buat masker selama pelatihan di BLK Padang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar