Video ini sengaja dibuat untuk menggugah perhatian masyarakat di Papua khususnya di Kota Jayapura
Jayapura (ANTARA) - Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas membuat video edukasi semikomedi musikal terkait bagaimana mencegah penyebaran COVID-19 dengan judul 'Sa Pu Cinta Dilockdown'.

Video pendek dengan durasi lima menit itu diperankan oleh AKBP Gustav Urbinas, komedian Jhon Yewen, artis lokal Jayapura Maria Fransisca, Lolita Donat asal Manokwari, Tim Delta, Tim URC COVID-19 Polresta Jayapura, dengan produser Ridwan Cholid, Dadank Yepese dan Bripka Andi serta kameraman Bripda Pratama Sesa.

Video yang sudah ditonton seribuan orang di Youtube dan dibagikan di media sosial lainnya itu, menceritakan tentang masyarakat Kota Jayapura yang acuh dengan instruksi Pemerintah dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19.

"Video ini sengaja dibuat untuk menggugah perhatian masyarakat di Papua khususnya di Kota Jayapura untuk selalu taat dengan instruksi pemerintah terkait larangan berkumpul, tetap berada di rumah serta menggunakan masker," kata AKBP Gustav.
Baca juga: HMI Jayapura serukan warga ikuti anjuran pemerintah cegah COVID-19


Konsep video itu, kata dia, dibuat berdasarkan situasi terkini di tengah masyarakat, dimana instruksi pemerintah yang dikeluarkan masih dipandang sebelah mata dan dianggap sepele oleh sejumlah masyarakat.

"Padahal imbauan pemerintah itu penting. Saya berharap dengan publikasi melalui video edukasi ini dapat memberikan kesadaran masyarakat untuk menaati instruksi Pemerintah Kota Jayapura demi memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona," katanya pula.

Selain video edukasi itu, kata mantan Kapolres Jayapura itu, bersama tim kreatif 'Sa Pu Cinta Dilockdown' juga membuat lagu yang nantinya akan dirilis dalam waktu dekat.

"Tunggu yah, videoclip dan lagu Sa Pu Cinta Dilockdown dalam waktu dekat," kata AKBP Gustav lagi.

Kasubbag Humas Polresta Jayapura AKP Jahja Rumra menerangkan semenjak video edukasi berjudul "Sa Pu Cinta Dilockdown" yang dirilis pada Selasa (14/4) pagi, penonton sudah mencapai ratusan ribu di berbagai media sosial.

"Hingga siang ini penonton film yang kami garap bersama rekan-rekan sudah mencapai hingga puluhan ribu, baik di instagram, faceebook, dan youtube," katanya pula.

AKP Jahja pun berharap video itu dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk taat kepada instruksi pemerintah yang telah dikeluarkan demi kebaikan semua pihak.
Baca juga: Benarkah Jayapura Berstatus Tanggap Darurat COVID-19? Ini Faktanya

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020