Sungailiat, Bangka (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia mulai Senin, membuka kembali rute Jakarta-Pangkalpinang yang sudah hampir 30 tahun ditinggalkan.

Direktur Niaga PT Garuda Indonesia, Agus Priyanto ketika meresmikan pembukaan rute di Pangkalpinang, Senin, mengatakan, pembukaan rute penerbangan Jakarta -Pangkalpinang tersebut sebagai bagian realisasi program pengembangan 18 rute baru Garuda Indonesia pada 2009.

"Penerbangan rute Jakarta-Pangkalpinang akan dilayani setiap hari dengan menggunakan pesawat Boing 737-300 dengan dua kelas bisnis dan ekonomi, sementara jadwal keberangkatan dari Jakarta pukul 06.43 WIB dan tiba di Pangkalpinang pukul 07.55 Wib. Kemudian terbang kembali dari Pangkalpinang pada pukul 08.30 WIB dan tiba di Jakarta pukul 09.40 Wib," ujarnya.

Menurut Agus, pembukaan rute ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Garuda Indonesia yang akan melakukan kunjungan keluarga, bisnis maupun wisata antar kedua kota tersebut.

Menurut dia, perkembangan Kota Pangkalpinang semakin menggembirakan, semakin banyak investor yang menjadikan kota ini sebagai tempat tujuan investasi.

"Dengan pertumbuhan investasi sebesar 15 persen, maka Pangkalpinang berpotensi meningkatkan perekonomian yang besar khususnya pada sektor jasa perhotelan, industri pengolahan laut, tambang, hasil alam dan wisata," katanya.

Ia menjelaskan, sepanjang tahun 2009 Garuda Indonesia telah membuka rute baru seperti Jakarta-Lampung, Jakarta-Jambi, Jakarta-Malang, Jakarta-Kendari, Jakarta-Kupang, Sanghai, Denpasar, Surabaya, Hongkong dan Denpasar-Hongkong untuk meningkatkan pangsa pasarnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Eko Maulana Ali, mengatakan, dengan penerbangan Garuda Indonesia ke Babel dapat memberikan andil besar bagi peningkatakan aksesbilitas udara dari dan ke Bangka menjadi lebih terbuka dan lancar.

"Jika akses transportasi udara sudah lancar, akan lebih banyak calon investor menjajaki Babel untuk melirik berbagai potensi investasi terutama dibidang industri dan jasa," ujarnya.

Menurut dia, Babel menyimpan potensi pariwisata yang sangat besar yang suatu saat nanti "Negeri Serumpun Sebalai" itu menjadi sebuah destinasi pariwisata yang besar dan diperhitungan di negeri ini.

"Kami mengharapkan PT Garuda Indonesia juga bisa membuat paket-paket wisata untuk dijual ke berbagai kota Indonesia dan luar negeri, sehingga Babel semakin berjaya dan terus maju di berbagai bidang," ujarnya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009