Pergerakan nilai tukar rupiah yang bergerak stabil dan menguat itu menunjukkan confident yang terus membaik di pasar
Jakarta (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersyukur nilai tukar rupiah terus menguat pada perdagangan Jumat ini yang bergerak pada kisaran Rp15.480 hingga Rp15.515 per dolar AS karena kepercayaan pelaku pasar yang terbangun terhadap stabilitas di Tanah Air.

“Pergerakan nilai tukar rupiah yang bergerak stabil dan menguat itu menunjukkan confident yang terus membaik di pasar,” katanya dalam jumpa pers daring di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, setidaknya ada empat faktor yang mendorong pelaku pasar percaya terhadap Indonesia.

Ia menyebut kepercayaan pelaku pasar dalam dan luar negeri itu tumbuh karena Bank Indonesia selalu hadir di pasar dan menempuh langkah stabilisasi nilai tukar jika rupiah tertekan, menjadi faktor pertama rupiah stabil.

Kedua, mekanisme pasar yang berlangsung baik, lanjut dia, juga sedikit mengurangi kerja bank sentral ini dalam melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah.

Baca juga: Rupiah Jumat pagi menguat 100 poin

Berkurangnya intervensi dalam stabilisasi rupiah itu, kata Perry, juga mendorong cadangan devisa yang kuat yang saat ini meningkat mencapai 120 miliar dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang terus menguat, kata dia, juga dipengaruhi mulai mengalirnya modal asing masuk Indonesia khususnya dalam pembelian Surat Berharga Negara (SBN), sebagai faktor ketiga.

Fakto keempat, kata dia, karena langkah pemerintah Indonesia dalam penanganan COVID-19 melalui stimulus fiskal dan moneter.

Confident itu juga melihat langkah pencegahan COVID-19 termasuk mitigasi Indonesia dan berbagai negara, seperti stimulus fiskal, moneter dan relaksasi dari sisi sektor keuangan yang ditempuh,” katanya.

Dengan semakin menguatnya nilai tukar rupiah ini, Perry yakin rupiah akan semakin stabil dan menguat hingga mengarah 15.000 per dolar AS hingga akhir tahun 2020.

Baca juga: IHSG akhir pekan ditutup melambung, terkerek kabar positif obat Corona


 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020