Jakarta (ANTARA News) - Perdagangan antara negara Italia dan Indonesia selang tahun 2008 hingga 2009 sangat baik dan positif serta belum terganggu krisis global.

Chairman Italian Trade Commision, DR Angelo Infresino, di Jakarta, Selasa, mengatakan, selang tahun 2008 ekspor Indonesia ke Italia mencapai sekitar 1,6 miliar dolar.

Sementara impor Indonesia dari Italia mencapai sekitar satu miliar dolar", katanya didampingi staf Italian Trade Commission, Yaniman S Lani.

Padahal tahun-tahun sebelumnya impornya hanya sekitar 600-750 juta dolar.

Dia mengatakan, produk ekspor dari Indonesia ke Italia antara lain, furniture, Crude Palm Oil (CPO), garmen serta sepatu.

Sementara Indonesia mengimpor dari Italia sejumlah produk diantaranya mesin-mesin telekomunikasi serta
furniture.

Pada tahun 2009 perdagangan antara kedua negara tersebut masih baik, hingga kuartal pertama, ekspor dan impor ke dan dari Italia, pada periode yang sama tidak berbeda jauh dengan tahun 2008.

"Krisis global belum berpengaruh terhadap perdagangan kedua negara dan prospek kedepan sangat baik," katanya.

Menyinggung tentang potensi parawisata Indonesia, dia mengatakan, Italia memberikkan respon yang besar terhadap produk parawisata dimilki Indonesia seperti di Bali dan Bunaken.

Pengusaha Italia melakukan investasi dengan membuka diving school, diving club, membangun cotage serta hotel-hotel yang medium.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009