Jakarta (ANTARA) - Sir Alex Ferguson sewaktu masih menjadi manajer Manchester United pernah menawarkan Cristiano Ronaldo kepada Barcelona karena tidak ingin bintangnya yang asal Portugal itu pindah ke Real Madrid.

Fakta baru ini terungkap dari mulut mantan presiden Real Madrid Ramon Calderon yang menjadi bos Madrid saat superstar dunia setuju putar haluan ke La Liga.

Ronaldo bergabung dengan Los Blancos dari Setan Merah yang waktu itu juara liga pada musim panas 2009, namun kesepakatannya ternyata sudah dicapai jauh sebelum itu.

Calderon mengungkapkan bahwa United berusaha menghalangi kepindahan Ronaldo ke Madrid sampai-sampai menawarkan pemain itu kepada Barcelona.

Baca juga: Beckham bandingkan gaya melatih Solskjaer dan Sir Alex Ferguson
Baca juga: Para tokoh bola dan legenda MU ramai-ramai doakan Sir Alex


"Penandatanganan kontrak terjadi antara saya dan Cristiano sekitar 2007 dan 2008," kata Calderon kepada harian Spanyol, Diario AS.

Menurut dia negosiasi dengan Manchester United sulit sekali, "karena mereka tidak ingin kehilangan pemain itu tetapi dua sudah jelas sekali pada apa yang dia inginkan."

"Dia ingin bergabung dengan Real Madrid dan itu kesempatan langkah bagi kami, jadi saya mengambil kesempatan itu," kata Calderon.

"Ferguson tidak ingin dia pergi dan khususnya karena dia tak ingin pemain itu bergabung ke Madrid mengingat kami sudah memenangkan trofi lebih banyak dari pada Manchester United, jadi dia tawarkan pemain itu kepada Barcelona."

"Barcelona senang saja dengan peluang itu tetapi Ronaldo sudah jelas sekali dengan komitmen dia dengan Madrid dan sebuah dokumen sudah ditandatangani," tutup Calderon.

Baca juga: Lika-liku rivalitas Cristiano Ronaldo dan Lionel MessiBaca juga: Messi anggap persaingan dengan Ronaldo kenangan abadi

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020