Sebelas orang klaster Gowa di Barito Utara negatif COVID-19

Sebelas orang klaster Gowa di Barito Utara negatif COVID-19

Peta COVID-19 Kabupaten Barito Utara, Kalteng, Jumat (17/4/2020). ANTARA/HO-Pemkab Barito Utara.

tiga orang klaster Gowa lainnya dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kini sedang mendapat perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya
Muara Teweh (ANTARA) - Hasil tes cepat (rapid test) COVID-19 dari 11 orang yang tergabung dalam klaster Gowa, Sulawesi Selatan, yang berada di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah dinyatakan negatif.

"Alhamdulillah setelah dilakukan rapid test sebanyak dua kali di RSUD Muara Teweh, 11 orang klaster Gowa dan enam orang keluarganya dinyatakan negatif," kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Barito Utara Siswandoyo kepada wartawan di Muara Teweh, Sabtu.

Negatifnya hasil tes ini menjawab kekhawatiran masyarakat di daerah ini terhadap jamaah yang datang dari Ijtima Gowa beberapa pekan lalu.

"Untuk tiga orang klaster Gowa lainnya dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kini sedang mendapat perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan masih menunggu hasil tes swab dari laboratorium di Surabaya, Jawa Timur," kata Siswandoyo yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara ini.

Pada Jumat (17/4) di Barito Utara ada 33 orang dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 14 orang berstatus PDP sedangkan untuk status positif nihil.

Kecamatan Teweh Baru ada 4 OPD, 5 PDP, Teweh Selatan, 4 ODP dan 1 PDP, Lahei Barat 3 ODP sedangkan terbanyak adalah Kecamatan Teweh Tengah dengan 22 ODP serta 8 PDP.

Kecamatan Gunung Timang, Lahei, Teweh Timur, Montallat dan Kecamatan Gunung Purei hingga saat ini belum ada yang berstatus ODP maupun PDP.

Baca juga: Barito Utara-Kalteng masih dilanda banjir di tengah pandemi COVID-19
Baca juga: Barito Utara bagikan sembako kepada warga miskin terdampak COVID-19
Baca juga: ODP COVID-19 Barito Utara turun dari 11 jadi tujuh orang

Pewarta: Kasriadi
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar