Medan (ANTARA News) - Organisasi kemasyarakatan Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI) akan melindungi mahasiswa Malaysia yang kuliah di berbagai perguruan tinggi Indonesia, demikian Ketua Umum MPI, Meher Ban Shah di Medan, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan menanggapi isu bahwa sejumlah perguruan tinggi di Indonesia akan mengusir mahasiswa Malaysia di Indonesia sebagai dampak dari memanasnya hubungan Indonesia-Malaysia di perairan Ambalat.

"MPI mengecam dan menentang keras jika ada upaya atau pihak yang ingin mengusir mahasiswa Malaysia balik ke negaranya, karena tidak ada perang antar kedua negara serumpun yang selama ini memiliki hubungan cukup baik," tegas Meher.

MPI juga siap ngamankan warga Malaysia yang berada di Indonesia terutama di Sumut.

Tokoh pemuda itu yakin kasus perairan Ambalat yang diklaim oleh Malaysia, tidak akan menimbulkan perang fisik dengan negara tetangga itu dan bisa diselesaikan dengan cara diplomasi damai.

Mereka juga mengharapkan Departemen Luar Negeri RI melakukan diplomasi yang tegas tentang perairan Ambalat dan jangan terulang lagi masalah Pulau Ligitan dan Sepadan.

"Kita jangan terpancing emosi dan perlu mewaspadai provokasi dilakukan negara asing untuk melaga Indonesia dengan Malaysia," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009