Jakarta (ANTARA) - Beragam berita dan peristiwa di Kota Metropolitan Jakarta dan sekitarnya dalam sepekan terakhir telah diwartakan Kantor Berita Antara.

Berikut dihadirkan beberapa berita terpopuler dalam sepekan yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk menemani akhir pekan Anda.

Langgar PSBB, 23 perusahaan di Jakarta ditutup

Sebanyak 23 perusahaan ditutup sementara oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta karena tidak mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menanggulangi pandemi COVID-19.

Berdasarkan data yang diterima di Jakarta, Jumat, penutupan dilakukan setelah inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan PSBB di tempat kerja hingga 16 April 2020.

Hampir tak ada perubahan perilaku, Pangdam Jaya akan evaluasi PSBB

Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal TNI Eko Margiyono mengemukakan hampir tidak ada perubahan perilaku masyarakat hingga hari keempat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

"Ini sudah hari keempat, di Kalideres, Cileduk, dan Kalimalang, kita lihat hampir tidak ada perubahan," katanya saat meninjau poin cek PSBB di Jalan Inspeksi Saluran Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin siang.

Anies bicara kemungkinan PSBB diperpanjang

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membicarakan kemungkinan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diperpanjang guna memutuskan rantai penyebaran virus corona (COVID-19) di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Karena itu, hampir pasti PSBB ini harus diperpanjang," kata Anies saat rapat virtual bersama Tim Pengawas COVID-19 DPR RI di Jakarta, Kamis.
Penumpang KRL menyemberang antar peron untuk berpindah kereta di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (15/4/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jumlah pasien COVID-19 Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet menurun

Jumlah pasien positif COVID-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, pada Minggu tercatat 342 orang, menurun 27 dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Menurut keterangan pers dari penanggung jawab Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, pada Minggu jumlah pasien yang menjalani rawat inap di rumah sakit darurat total 535 orang, terdiri atas 342 pasien positif COVID-19, 50 orang dalam pemantauan (ODP), dan 143 pasien dalam pengawasan (PDP).

Diduga korsleting, kabel optik bawah tanah terbakar di Fatmawati

Kabel optik bawah tanah milik PLN di jalan Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terbakar pada Senin, diduga korsleting listrik.

Kepala Seksi Data dan Informasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Selatan, Suparman menyebutkan kabel optik tersebut diduga sudah tua dan tidak terawat.

Penerapan PSBB di Kota Bogor sejalan dengan DKI

Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk mengendalikan penyebaran virus corona di Kota Bogor akan sejalan dengan PSBB di DKI Jakarta.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim di Kota Bogor, Minggu, mengatakan, pada penerapan PSBB tidak semua sektor dibatasi kegiatannya. Ada beberapa sektor yang mendapat dispensasi tapi tetap menerapkan protokol "social distancing".
 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020