Pasien sembuh dari COVID-19 di DIY bertambah 2 menjadi 27 orang

Pasien sembuh dari COVID-19 di DIY bertambah 2 menjadi 27 orang

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X saat meninjau Laboratorium Virologi BBTKLPP Yogyakarta, di Jalan Imogiri Timur, Bantul, Rabu (18/3). (ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat jumlah pasien sembuh dari COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu (18/4) bertambah dua orang sehingga total pasien yang sembuh dari infeksi virus corona jenis baru menjadi 27 orang.

"Laporan kesembuhan kasus positif COVID-19 ada dua kasus," kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih melalui keterangan resminya di Yogyakarta, Sabtu.

Berty mengatakan dua pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 adalah pasien kasus 33 berjenis kelamin laki-laki berusia 45 tahun (warga Bantul) dan pasien kasus 53 berjenis kelamin perempuan berusia 41 tahun (warga Sleman).

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 Kabupaten Sukabumi dinyatakan sembuh

Meski demikian, ia juga masih mencatat penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak tiga pasien.

Tiga pasien positif itu, kata dia, seluruhnya berjenis kelamin laki-laki. Mereka adalah pasien kasus 67 berusia 40 tahun (warga Sleman), pasien kasus 68 berusia 26 tahun (warga Bantul), dan pasien kasus 69 berusia 65 tahun (warga Bantul).

Menurut dia, ketiga pasien itu memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah, bahkan satu di antaranya ada riwayat perjalanan dari luar negeri.

"Ada riwayat perjalanan, yang nomor 1 ke London, nomor 2 ke Jawa Barat, nomor 3 ke Bali," kata Berty.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 lampaui angka kematian, positif 6.248 kasus

Berdasarkan laporan dari rumah sakit rujukan di DIY, Berty juga mencatat empat pasien dalam pengawasan (PDP) yang dilaporkan meninggal dunia saat masih menunggu hasil laboratorium.

Tiga di antaranya berjenis kelamin laki-laki yakni pasien berusia 60 tahun (Gunungkidul), pasien berusia 79 tahun (warga Kulon Progo), pasien berusia 78 tahun (warga Kota Yogyakarta), serta satu pasien perempuan berusia 81 tahun (warga Sleman).

Ia menyebutkan total orang dalam pemantauan (ODP) di DIY hingga Sabtu (18/4) mencapai 3.672 orang.

Selanjutnya, total PDP yang sudah diperiksa terkait dengan COVID-19 (dengan tes swab) tercatat 636 orang.

Dari jumlah PDP tersebut, 315 orang di antaranya dinyatakan negatif corona, sembilan di antaranya meninggal, 67 orang positif di mana 27 orang di antaranya sembuh, dan tujuh meninggal, sedangkan yang masih menunggu hasil 254 orang dengan 12 di antaranya telah meninggal.

Baca juga: Jubir: Pemerintah sudah siapkan Rp400 triliun untuk perangi COVID-19
Baca juga: Dua dokter di Yogyakarta positif COVID-19
Baca juga: RSMH Palembang isolasi bayi empat bulan positif COVID-19
Baca juga: Presiden: Pemerintah tak bisa kerja sendirian tangani COVID-19

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pasien sembuh COVID-19 capai 62,6% dari kasus positif

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar