Kerumunan masyarakat terjadi sejak Minggu Subuh sebagian besar ingin melihat-lihat ikan hias
Jakarta (ANTARA) - Petugas Satpol PP Jatinegara, Jakarta Timur membubarkan kerumunan pedagang dan konsumen di Pasar Ikan Jalan Matraman Raya, Minggu, sebab tidak patuh pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Laporan masyarakat atas kerumunan di Pasar Ikan Jatinegara sudah kami tindaklanjuti dengan mengerahkan personel ke lapangan," kata Kasatpel Satpol PP Jatinegara Sadikin di Jakarta.

Pembubaran pedagang dan konsumen dilakukan petugas Satpol PP pukul 09.00 WIB setelah muncul laporan dari sejumlah masyarakat.

Belasan petugas Satpol PP memberikan sosialisasi terkait bahaya COVID-19 kepada pedagang maupun masyarakat seraya meminta mereka pulang.

Baca juga: Sebagian besar pertokoan di Pasar Baru tutup hari keenam PSBB
Konsumen dan pedagang berkerumun di Pasar Ikan Jatinegara yang menempati trotoar Jalan Raya Matraman, Jakarta Timur, Minggu (19/4/2020). ANTARA/HO-Satpol PP Jatinegara/am.

Sementara itu kerumunan masyarakat di pedestrian Jalan Matraman yang dikenal sebagai sentra pasar ikan hias di Jakarta itu dimulai sejak Minggu subuh.

Kerumunan masyarakat dari Jakarta dan sekitarnya tampak berdatangan ke lokasi untuk sekadar jalan-jalan atau mencari ikan hias.

"Saya sudah dari jam 05.30 WIB, kebetulan mau ambil pesanan ikan yang saya beli lewat online," kata Nico (29).

Selain memadati pedestrian, pengunjung yang datang ke lokasi itu mayoritas mengendarai sepeda motor, kondisi itu tampak dari area parkir liar di bahu jalan yang penuh dengan sepeda motor.

Mayoritas pengunjung datang menggunakan masker, namun banyak pula pedagang yang acuh pada ketentuan masker.

Baca juga: Camat pastikan Pasar Tebet Barat tetap buka

Baca juga: Transaksi di Pasar Ikan Hias Jatinegara dibuat dua sesi

Baca juga: Satpol PP Jaktim tertibkan PKL di Pasar Jatinegara

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020