Banyumas (ANTARA) - Komunitas Kelenteng "Boen Tek Bio", Desa Sudagaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggalang dana untuk pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis dalam rangka penanganan COVID-19.

"Ini merupakan wujud kepedulian kami, Komunitas Kelenteng, terhadap para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani COVID-19," kata juru bicara Kelenteng/Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) "Boen Tek Bio" Sobita Nanda Tjie di Banyumas, Minggu.

Baca juga: Bantu tangani pandemi COVID-19, PWI Peduli buka penggalangan dana

Baca juga: Wanadri galang dana untuk penanganan COVID-19


Ia mengatakan pandemi COVID-19 yang kian merebak mengakibatkan APD makin sulit didapatkan. Oleh karena itu, Komunitas Kelenteng "Boen Tek Bio" menginisiasi penggalangan donasi dan hasilnya digunakan untuk membeli APD yang akan diserahkan kepada petugas medis.

Pada 17 April 2020, katanya, pihaknya telah menyalurkan bantuan berupa baju APD warna hijau 30 buah, baju APD warna putih  30 buah, dan face shield 36 buah untuk Puskesmas Banyumas.

Bantuan dari Komunitas Kelenteng "Boen Tek Bio" juga diberikan kepada RSUD Banyumas, yakni berupa 60 baju APD warna biru, 60 baju APD warna putih, 90 buah face shield, dan dua gulung kain kafan.

"Kami juga berencana untuk menyalurkan donasi tahap ketiga berupa 60 baju APD pada tanggal 24 April 2020 di Aula TITD 'Boen Tek Bio'," katanya.

Ia berharap bantuan-bantuan tersebut bermanfaat bagi tenaga medis dalam menangani pandemi COVID-19.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020