Jakarta (ANTARA) - Setelah 15 tahun berkarir dalam bola basket profesional Andrew Bogut sudah semakin dekat untuk mengakhiri karirnya, tetapi krisis virus corona dan tertundanya Olimpiade Tokyo 2020 mempersulit dia dalam mengambil keputusan.

Pebasket berusia 35 tahun yang menjuarai NBA bersama Golden State Warriors pada 2015 itu sudah menyatakan pensiun setelah Australia tampil pada Olimpiade Tokyo sebelum ditangguhkan. Olimpiade ini sudah dimundurkan ke Juli 2021.

Tetapi Bogut yang bermain untuk Sydney dalam liga basket Australia dalam dua musim terakhir itu menjadi tidak yakin apakah dia sanggup tampil pada Olimpiade tahun depan, demikian laman ESPN yang dipantau di Jakarta, Senin.

Baca juga: FIBA undur jadwal sejumlah turnamen basket akibat penundaan Olimpiade

Bogut yang menjadi pemain kunci saat Australia finis urutan keempat pada Piala Dunia Basket di China tahun lalu selalu masuk timnas Australia sejak Olimpiade Athena 2004.

Sukses Australia pada Piala Dunia 2019 tercapai tanpa pemain All Star NBA Ben Simmons yang bisa saja memperkuat Australia pada Olimpiade tahun depan. Bogut berharap Simmons masuk tim, tapi dia sendiri tak mau memastikan apakah dia juga akan memperkuat Australia.

"Menjadi bagian dari itu, merupakan hal yang sungguh saya inginkan," kata Bogut dalam laman ESPN. Namun, sambung dia, stamina tubuhnya yang menjadi penentu ikut atau tidaknya pada Olimpiade musim depan.

Baca juga: Targetkan emas Olimpiade, Australia rekrut pelatih NBA
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020