Jakarta (ANTARA News) - Calon Presiden Megawati Soekarnoputri berziarah ke makam Wakil Presiden pertama Indonesia Mohammad Hatta (Bung Hatta) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta, Sabtu, bertepatan dengan hari lahir Presiden pertama Indonesia Soekarno (Bung Karno) yang juga ayah Megawati.

Menurut rencana pada Sabtu siang, Megawati akan memperingati hari lahir Bung Karno yang ke 108 tahun di Rengasdengklok, Bekasi.

Turut hadir berziarah, putri Bung Hatta, Halida Hatta, yang juga Wakil Sekjen Partai Gerindra. Selain itu hadir Ketua Partai Gerindra Suhardi dan Wakil Sekjen Gerindra Fadli Zon. Gerindra bersama PDIP mendukung Megawati Soekarnoputri-Prabowo Soebianto sebagai calon Presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu Presiden 2009.

Megawati adalah Ketua Umum PDIP sementara itu Prabowo adalah Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Megawati yang datang sekitar pukul 10.30 WIB, langsung menuju makam dan berdoa. Setelah itu ia menaburkan bunga.

Mengenai alasan berziarah, Megawati mengatakan bahwa tanggal 6 Juni adalah tanggal lahir Bung Karno. Bung Karno, katanya, bersama-sama dengan Bung Hatta pernah "diculik" para pemuda ke Rengasdengklok. Saat itu, para pemuda meminta Bung Karno dan Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Akhirnya pada 17 Agustus 1945, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Oleh sebab itu, kata Mega, ia berziarah ke makam Bung Hatta dalam rangka memperingati hari lahir Bung Karno.

Megawati juga mengatakan, keluarga Soekarno dan Hatta sudah seperti satu keluarga.

"Saya dekat dengan Meutia (anak Bung Hatta lainnya yang tidak hadir pada ziarah tersebut) karena sama-sama lahir di Yogyakarta," katanya.

Ditanya apakah saat berziarah meminta restu menjelang pemilu presiden, Megawati mengiyakan. Namun Megawati mengatakan, berdoa dilakukan dimana saja. Hal itu dilakukan agar apa yang diinginkan bisa terwujud.

Sebelum memulai wawancara, Megawati sambil bergurau sempat meminta wartawan mengucapkan selamat ulang tahun kepada Bung Karno. "Selamat dulu. Ini hari lahir Bung Karno," katanya sambil tersenyum dan diikuti ucapan selamat dari wartawan.

Fadli Zon mengatakan, acara ziarah untuk menghargai jasa pahlawan. "Apalagi Bung Hatta juga proklamator bersaman Bung Karno," kata Fadli Zon.

Hatta lahir di Bukittinggi, 12 Agustus 1902, dan wafat di Jakarta, 14 Maret 1980.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009