Kami bekerja sama dengan pemerintah dan lembaga terkait lainnya agar proses ini segera disetujui,
London (ANTARA) - Para penyintas COVID-19 di Inggris dapat mendaftarkan diri untuk menyumbangkan plasma darah mereka jika mereka berminat.

Juru bicara NHS Blood and Transplant (layanan donor darah di Inggris) mengatakan para penyintas corona  yang berminat mendaftar tak perlu langsung datang ke pusat donor darah.

Inggris saat  mempersiapkan proses pengumpulan plasma darah milik penyintas COVID-19 yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu media penyembuhan pasien tertular virus SARS-CoV-2, penyebab COVID-19.

Para ahli di Inggris berupaya mengetahui kemungkinan plasma darah itu dapat mempercepat pemulihan pasien dan meningkatkan peluang bertahan hidup.

"NHS Blood and Transplant masih mempersiapkan proses pengambilan plasma darah dari pasien yang sembuh dari penyakit ini," kata seorang juru bicara lembaga tersebut.

"Kami membayangkan proses ini dapat digunakan dalam tahap uji coba untuk mengobati pasien COVID-19," kata NHS Blood.

"Jika disetujui, hasil uji coba itu akan digunakan untuk mengetahui apakah transfusi plasma darah dapat meningkatkan daya pemulihan pasien COVID-19 dan peluang untuk bertahan hidup," tambah lembaga itu.

"Kami bekerja sama dengan pemerintah dan lembaga terkait lainnya agar proses ini segera disetujui," terang NHS Blood.

Sumber: Reuters

Baca juga: Butuh beberapa pekan untuk siapkan plasma darah pengobatan COVID-19
Baca juga: Wapres: obat berbahan plasma darah akan terpenuhi

Penerjemah: Genta Tenri Mawangi
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020