Magelang (ANTARA News) - Komunitas seniman petani dari kawasan lima gunung di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bakal menggelar Festival Lima Gunung (FLG) ke-8 tahun 2009 di kawasan Gunung Andong.

"Ini tahun kedelapan kami menggelar roda festival secara mandiri," kata Ketua Umum FLG tahun 2009, Riyadi, di Magelang, Sabtu.

Ia mengatakan, FLG bakal berlangsung di kawasan Gunung Andong, di Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang pada tanggal 26 Juli 2009.

Ribuan seniman petani berasal dari lima gunung yang mengelilingi Magelang yakni Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Pegunungan Menoreh menyuguhkan berbagai karya seni baik tradisional, kontemporer maupun kolaborasi.

"Kalangan pekerja seni, penikmat seni, dan budayawan dari berbagai kota sudah menyatakan akan hadir baik untuk melakukan pementasan maupun menonton," katanya.

Kegiatan itu, katanya, sebagai puncak silaturahmi tahunan secara kultural para seniman petani yang tergabung dalam Komunitas Lima Gunung, Magelang.

Ia menyebut, kawasan Gunung Andong sebagai lokasi FLG 2009 sebagai titik penyelaman pusat refleksi pribadi. Festival serupa pada tahun-tahun sebelumnya telah digelar di kawasan Gunung Merbabu, Sumbing, dan Merapi.

"Setelah setahun terakhir kami berkiprah melestarikan dan mengembangkan tradisi berkesenian dalam kehidupan sehari-hari masyarakat petani lima gunung, maka festival ini menjadi bagian paling penting, refleksi atas kiprah dan berbagai karya kami selama ini," katanya.

FLG 2009 antara lain menyuguhkan tarian topeng ireng, soreng, kuda lumping, ndayakan, rodat, musik truntung, pembacaan puisi, prosesi ritual, "performance art", dan orasi budaya.

"Diharapkan festival itu mampu mendatangkan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009