Jakarta (ANTARA) - Bintang sepak bola China Wu Lei memuji tindakan staf medis yang tanpa pamrih merawat pemain depan Espanyol itu yang didiagnosa terinfeksi virus corona bulan lalu.

"Secara pribadi, dari pengalaman saya terinfeksi virus ini, saya tak bisa menggambarkan rasa hormat saya kepada para dokter dan perawat yang mengorbankan waktu dan keselamatan diri mereka untuk membantu para pasien sembuh," kata Wu, di laman resmi konfederasi sepak bola Asia AFC, seperti dikutip AFP, Selasa.

"Saya harus berterima kasih kepada mereka karena dengan baik merawat saya dan juga kepada mereka yang terus membantu masyarakat yang terdampak COVID-19."

Asosiasi sepak bola China pada 21 Maret menyatakan jika pemain terbaik negaranya itu terinfeksi virus corona namun hanya menunjukkan gejala ringan yang cepat hilang.

Wu, yang mengisolasi diri di Barcelona setelah hasil positif COVID-19, mengajak masyarakat untuk mengikuti saran dari pakar kesehatan dan juga WHO untuk menekan penyebaran pandemi tersebut.

"Para garda terdepan kesehatan telah dan akan selalu menjadi pahlawan jadi saya mohon jangan sampai upaya mereka sia-sia," kata Wu, yang bergabung dengan klub papan bawah La Liga itu dari Shanghai SIPG pada Januari tahun lalu.

Wu, yang telah mencetak 10 gol dalam 54 pertandingannya bersama Espanyol, telah kembali menjalani latihan ringan awal bulan ini.

Sementara La Liga, seperti kompetisi sepak bola lainnya, masih ditangguhkan karena pandemi COVID-19.

Baca juga: Bintang sepak bola China Wu Lei positif COVID-19
Baca juga: Wu Lei jadi pemain China pertama cetak gol di Liga Spanyol

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020