Jakarta (ANTARA) - Keluarga Besar Panjaitan se-Jabodetabek menyalurkan 3 ribu paket sembako untuk meringankan beban sesama warga Panjaitan yang terdampak COVID-19.

Ketua Umum Punguan Panjaitan Dohot Boruna (PPDB) Trimedya Panjaitan dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan COVID-19 selain menjadi persoalan kesehatan juga memberi dampak ekonomi masyarakat bawah, khususnya pekerja harian.

Atas dasar itu, Panjaitan se-Jabodetabek berinisiatif meringankan beban sesama warga Panjaitan. "Pandemi COVID-19 dampak ekonominya sangat dirasakan terutama bagi saudara kita warga Panjaitan yang keadaan ekonominya selama ini sulit seperti pegawai harian dan lain-lain," kata dia.

Baca juga: BAZNAS larang pembagian bantuan dalam kerumunan

Dia mengatakan ada 8 ribu KK warga Panjaitan se Jabodetabek dan PPDB menyiapkan 3 ribu paket sembako untuk 3 ribu KK sesama warga Panjaitan terdampak COVID-19.

Sekretaris Umum PPDB se-Jabodetabek Wilson Panjaitan berharap  adanya bantuan agar meringankan beban warga Panjaitan se-Jabodetabek. Bantuan akan diberikan dalam tiga tahap, yakni bulan April, Mei dan Juni 2020.

"Semuanya kita buatkan tiga paket. Di paket April ini kita mengeluarkan sekitar 800 paket, paket ke dua Mei sekitar 1.200, paket ke tiga di Juni itu sekitar seribu. Seluruhnya kita salurkan 3000 paket," kata Wilson.

Baca juga: Pengelola Ramah Anak Jakarta Utara salurkan bantuan paket sembako

Dia mengatakan pendistribusian tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 seperti menjaga jarak fisik, mengenakan masker dan lainnya.

Salah satu perwakilan warga Panjaitan dari Bogor, Monggur Panjaitan, berterimakasih atas bantuan itu. Banyak dari keluarga Panjaitan terdampak ekonominya karena menggantungkan pada penghasilan harian.

Beberapa dari warga Panjaitan Bogor adalah pedagang, sopir angkot, ojek online, ojek biasa, tambal ban dan pekerja sektor informal lainnya yang dalam sebulan terakhir tidak memiliki pemasukan yang cukup.

Baca juga: Baznas Bazis salurkan 1.500 paket sembako di Kepulauan Seribu
Baca juga: Pemprov DKI sudah terima bantuan dari 93 kolaborator tangani COVID-19
Baca juga: Pemerintah bagikan sembako kepada 1,2 juta keluarga di DKI Jakarta

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020