Tidak pernah terjadi sebelumnya, kami kadang-kadang menemukan kanguru di pinggiran kota tetapi tidak pernah di pusat kota
Sydney (ANTARA) -
Seekor kanguru terlihat melompat-lompat di jalan-jalan Kota Adelaide yang kosong di Australia, ketika karantina nasional virus corona telah memikat satwa liar untuk menjelajahi ibu kota yang ditinggalkan di seluruh dunia.

Petugas polisi yang memantau kamera jalan kota telah "melacak binatang berbulu abu-abu itu melompat-lompat di jantung CBD #adelaide," kata departemen kepolisian negara bagian itu di sebuah pos media sosial.

Petugas melihat binatang yang gelisah di sekitar gedung-gedung pemerintah di distrik pusat dan memutuskan untuk mengikutinya secara virtual, memantau perjalanan binatang itu menyusuri kota melalui layar mereka dan kemudian melihatnya kembali ke taman di sekitarnya.

"Tidak pernah terjadi sebelumnya, kami kadang-kadang menemukan kanguru di pinggiran kota tetapi tidak pernah di pusat kota," kata seorang petugas media polisi di negara bagian Australia Selatan itu kepada Reuters melalui telepon.

Baca juga: Volvo kembangkan sistem deteksi kanguru di Australia

"Biasanya jalanan ini ramai dengan mobil tetapi tanpa kendaraan  - saat ini cukup menakutkan - hanya ada satu kendaraan yang hampir menabraknya tetapi berhasil menghindar," kata juru bicara kepolisian.

Ketika manusia tinggal di rumah mereka untuk menghentikan penyebaran COVID-19, hewan liar telah terlihat di daerah perkotaan yang sepi di seluruh dunia. Penyakit virus corona telah menginfeksi lebih dari 2 juta orang dan membunuh lebih dari 150.000.

Awal bulan ini, pihak berwenang Chile menangkap dua puma liar di ibu kota, Santiago, sementara babi hutan terlihat berlari-lari kecil di Kota Haifa Israel dalam beberapa pekan terakhir.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kebun binatang ditutup, panda raksasa di Moskow kangen manusia
Baca juga: Penjaga dan hewan saling menemani di kebun binatang yang sepi

Penerjemah: Gusti Nur Cahya Aryani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020