Personel Polda Papua Barat akan ditambah bertahap setelah naik tipe

Personel Polda Papua Barat akan ditambah bertahap setelah naik tipe

Kapolda Papua Barat Brigjen Turagogo Sihombing (ANTARA/Toyiban)

Kita sudah mengikuti pemaparan dan ini sudah disetujui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi
Manokwari (ANTARA) - Setelah naik tipologi dari B menjadi A, Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat akan dilakukan penambahan personel secara bertahap, kata Kapolda Papua Barat Brigjen Turnagogo Sihombing, di Manokwari, Senin.

Ia mengutarakan, pada Rabu (22/4) pekan ini, Kapolri akan menyerahkan pataka kenaikan tipe bagi tujuh polda di Indonesia, termasuk Papua Barat. Penyerahan akan dilaksanakan di Mabes Polri Jakarta.

"Polda Papua Barat sudah memenuhi skor untuk naik tipe A. Kita sudah mengikuti pemaparan dan ini sudah disetujui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi," ujar Turnagogo.
Baca juga: Ratusan putra daerah Papua Barat menjalani seleksi Bintara Polri


Penambahan personel, menurut dia, sudah pasti akan dilakukan seiring peningkatan tipe ini. Penambahan akan dilakukan secara bertahap hingga mencapai jumlah ideal

"Saat ini jumlah personel kami baru 43 persen dari jumlah yang seharusnya. Polda tipe B setidaknya punya 10 ribu personel. Berarti kalau tipe A tentu lebih dari itu. Nanti SDM Polri yang akan menghitung itu," kata dia lagi.

Untuk sebuah Polda bertipe A, lanjutnya, idealnya memilik Sekolah Polisi Negara (SPN) agar bisa mempersiapkan pendidikan bagi calon anggota baru. Di Papua Barat pun lahan untuk pembangunan SPN sudah siap atas hibah Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan.

"Kita jangan pikir itu dulu, sekarang kita masih fokus membantu Pemerintah daerah tangani COVID-19. Semua sedang bahu membahu memerangi penyebaran Virus Corona, Polda Papua Barat juga," katanya lagi.

Selain penambahan personil serta persiapan lainnya, Polda Papua Barat pun sedang mempersiapkan penambahan tiga polres baru, yakni di Kabupaten Pegunungan Arfak, Tambrauw serta Maybrat.

"Kami sudah ajukan, tinggal tunggu tindak lanjut mabes. Kita bersabar saja, karena semua harus melalui proses. Sekarang yang harus kita lakukan adalah bekerja sepenuhnya mencegah penyebaran Corona," ujarnya pula.
Baca juga: Kiinerja Polda Papua Barat dinilai masyarakat cukup baik

Pewarta: Toyiban
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BMKG ingatkan potensi bencana hidrometeorologi di musim kemarau basah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar