Ini adalah manifestasi utama dari tidak aktifnya ekonomi
New York (ANTARA) - Dolar AS sedikit menguat terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), karena anjloknya harga minyak menekan mata uang yang terkait minyak dan ketika investor menunggu hasil KTT Uni Eropa minggu ini tentang cara mengatasi dampak ekonomi dari krisis Virus Corona.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik tipis 0,07 persen pada 99,912.

Indeks telah mundur dari tertinggi tiga tahun di 102,97 pada pertengahan Maret karena penyebaran cepat langkah-langkah stimulus moneter oleh Federal Reserve (Fed) AS mengurangi tekanan pada pendanaan dolar.

Kehati-hatian merebut kembali pasar dunia ketika pukulan keras terhadap minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS yang mengawali minggu sibuk dengan data ekonomi dan laporan laba perusahaan akan mengungkap kerusakan yang disebabkan oleh kuncian global Virus Corona.

Penurunan tajam harga minyak meningkatkan daya tarik dolar sebagai mata uang safe-haven, kata Juan Perez, pedagang mata uang senior di Tempus Inc di Washington.

Baca juga: Arcandra: Kontrak jangka panjang strategi saat harga minyak turun

"Ini adalah manifestasi utama dari tidak aktifnya ekonomi," kata Perez.

Mata uang terkait minyak lebih lemah, dengan dolar AS berada 0,84 persen lebih tinggi terhadap mitra Kanada-nya, sementara peso Meksiko kehilangan sekitar 2,1 persen terhadap greenback.

Namun demikian Perez, mengatakan pelemahan lebih lanjut untuk kedua mata uang itu mungkin terbatas.

Langkah penyesuaian posisi dolar berasal dari posisi bersih spekulan Pasar Moneter Internasional dalam 10 mata uang utama, termasuk yen dan euro, membukukan posisi jual bersih senilai 10,52 miliar dolar AS, naik dari 9,73 miliar dolar AS seminggu sebelumnya.

Investor akan mengamati tanda-tanda kemajuan ketika para kepala pemerintah Uni Eropa dijadwalkan mengadakan konferensi video tentang bagaimana mengatasi dampak ekonomi dari krisis Virus Corona pada Kamis (23/4/2020), di mana pandangan yang berbeda tentang Coronabonds, sebagian besar dituntut oleh negara-negara anggota Uni Eropa selatan, diharapkan disuarakan.

Baca juga: Rupiah awal pekan sedikit loyo, dibayangi sentimen penyebaran COVID-19

Ekspektasi yang rendah bahwa peserta akan menandakan persatuan ke depan, dapat menekan euro dalam jangka pendek, kata para analis.

Euro melemah terhadap greenback.

Dolar Selandia Baru bertahan terhadap greenback, naik 0,4 persen setelah negara itu mengatakan akan menurunkan level waspada satu pada Senin depan - memungkinkan beberapa bisnis untuk buka kembali - dan meninjau kembali sikap itu pada 1 Mei.

Dampak ekonomi dari penguncian yang diterapkan akan terbukti pada data terbaru pekan ini di mana data awal PMI untuk April akan dirilis.

Baca juga: Harga emas "rebound" 12,4 dolar setelah 3 hari beruntun anjlok

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020