NTT siapkan dana desa Rp957 miliar bantu warga terdampak COVID-19

NTT siapkan dana desa Rp957 miliar bantu warga terdampak COVID-19

Kepala Bappelitbangda Provinsi NTT, Lecky Koli (tengah) saat memberikan keterangan terkait penangan dampak COVID-19 di NTT. ANTARA/Aloysius Lewokeda

Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengalokasikan anggaran dari program dana desa senilai Rp957 miliar untuk membantu warga miskin yang terdampak wabah virus corona jenis baru (COVID-19) di provinsi berbasiskan kepulauan itu.

“Dari kapasitas dana desa untuk NTT pada 2020 senilai Rp3 triliun lebih, kita mengalokasikan Rp957 miliar di antaranya untuk membantu warga miskin terdampak COVID-19,” kata Kepala Bappelitbangda Provinsi NTT Lecky Koli di Kupang, Selasa.

Baca juga: Pemkab Mimika segera salurkan BLT Dana Desa kepada 26.536 KK

Ia mengatakan skema pemanfaatan dana desa tersebut disiapkan pemerintah pusat untuk membantu perekonomian masyarakat miskin yang terdampak wabah COVID-19.

Penerima bantuan ini, lanjut dia, adalah warga miskin yang tidak menerima program keluarga harapan (PKH) maupun bantuan pangan non tunai (BPNT).

Baca juga: Pemprov Jatim siap distribusikan BLT dana desa Rp2,32 triliun

“Jadi sasarannya adalah masyarakat miskin yang belum terdaftar, yang kehilangan pekerjaan akibat COVID-19 dan yang mengidap penyakit menahun,” katanya.

“Kriteria penerima bantuan ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 6 Tahun 2020,” tegasnya.

Baca juga: Gunakan dana desa, 4.115 desa di Aceh bentuk tim tanggap COVID-19

Lecky Koli mengatakan penerima bantuan ini berupa bantuan langsung tunai senilai Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan berturut-turut.

Untuk itu, lanjut dia, pemerintah provinsi mendorong pemerintah di 21 kabupaten se-NTT agar memanfaatkan kesempatan ini untuk segera membantu warga miskin di daerahnya yang terdampak COVID-19.

“Dengan alokasi bantuan ini diharapkan perekonomian masyarakat terutama di desa-desa bisa tertolong sehingga bisa survive dalam menghadapi dampak wabah COVID-19 ini,” katanya.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Gempa bumi magnitudo 6,9 dan 5,0 guncang Larantuka NTT

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar