Basarnas selamatkan penumpang longboat karam di perairan Moti

Basarnas selamatkan penumpang longboat karam di perairan Moti

Basarnas berhasil menyelamatkan sembilan penumpang longboat berangkat dari Pelabuhan Ternate menuju Pulau Bacan pada Selasa (21/4) dini hari (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara menyelamatkan sembilan penumpang longboat berangkat dari Pelabuhan Ternate menuju Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan pada Selasa (21/4) dini hari.

Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafah di Ternate, Selasa membenarkan sekitar pukul pukul 03.00 WIT, Basarnas Ternate mendapat laporan dari seorang penumpang bernama Fitri kalau longboat yang mereka tumpangi mengalami karam di sekitar Pulau Moti.

Baca juga: Tenggelam, satu warga Ciamis ditemukan meninggal di Sungai Citanduy

"Sehingga, sekitar pukul 03.20 WIT, satu Team Rescue Basarnas Ternate dikerahkan menuju ke lokasi kejadian dengan menggunakan RIB 02 Ternate pada pukul 04.30 WIT, Tim Rescue tiba di LKP dan langsung melakukan pencarian. Pukul 04.45 WIT, Tim Rescue Basarnas Ternate berhasil menemukan korban 9 orang dalam keadaan selamat dan longboat dalam keadaan kondisi selamat," katanya.

Baca juga: Basarnas: Delapan orang hilang saat memancing di Manokwari

Menurut dia, kesembilan penumpang yang diselamatkan tersebut bernama Haji Awat (57), Samsudin Ahmad (22), Sunadi Karapsena (17), Wahyudi Suleman (20), Iswan Kadir (20), Fitri Karepsina (22), Ilham Kadir (25), Irawan (23) dan Asri (21).

Setelah melakukan evakuasi dan pendataan korban, selanjutnya tim rescue melakukan koordinasi dengan korban untuk proses evakuasi ke Ternate.

Baca juga: Seorang nelayan ditemukan meninggal dunia di laut Pangandaran

Muhammad Arafah mengatakan hasil koordinasi dengan korban, 7 orang korban akan melanjutkan perjalanan menuju ke Bacan, Halmahera Selatan sedangkan dua orang korban Fitri Karepsina dan Sunadi Karepsina dievakuasi menuju Palabuhan Ahmat Yani Ternate menggunakan RIB 02 Ternate.

Tim Rescue bersama dua orang korban tiba di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate pukul 06.20 WIT dalam keadaan selamat, selanjutnya kedua korban diserahkan kepada pihak keluarga di Kelurahan Kayu Merah Kota Ternate.
 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polisi antisipasi kelompok "penumpang" di aksi unjuk rasa BEM SI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar