Sebelumnya kami telah menyiapkan anggaran Rp13,5 miliar untuk penanganan wabah itu dan akan menyiapkan anggaran sebesar Rp125 miliar jika memang diperlukan, tapi kami berharap dana tersebut jangan sampai digunakan dengan harapan wabah ini cepat seles
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan anggaran yang bersumber dari APBD sebesar Rp125 miliar untuk cadangan penanganan dampak pandemi virus corona jenis baru (COVID-19) di kota itu.

"Sebelumnya kami telah menyiapkan anggaran Rp13,5 miliar untuk penanganan wabah itu dan akan menyiapkan anggaran sebesar Rp125 miliar jika memang diperlukan, tapi kami berharap dana tersebut jangan sampai digunakan dengan harapan wabah ini cepat selesai," kata Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, dana yang disiapkan tersebut nantinya akan digunakan untuk penanganan sosial, bidang kesehatan dan termasuk membantu masyarakat yang terdampak bencana.

"Anggaran itu nantinya untuk digunakan seluruh sektor yang berkaitan dengan penanganan dan dampak bencana, namun kami berharap jangan sampai sampai digunakan dan tetap berupaya sekuat tenaga untuk secepatnya menyelesaikan wabah yang sedang terjadi," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya anggaran yang sedang disiapkan itu, masyarakat bisa tetap tenang dan bisa fokus bersama-sama mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi.

Dengan bergotong royong dan bekerja sama serta menerapkan disiplin sesuai protokoler yang sudah dianjurkan pemerintah, diyakini bisa menghentikan penularan virus di daerah itu.

"Kuncinya disiplin dan mematuhi aturan yang ada, mari berjuang bersama-sama menghentikan penyebaran virus corona," katanya.

Terkait beberapa adanya tenaga medis yang mengundurkan diri beberapa hari lalu, wakil wali kota menyebutkan ke depan tidak akan terjadi lagi kejadian serupa.

"Tidak akan terjadi pengunduran diri, dalam waktu dekat saya akan komunikasi dengan para tenaga medis kita dan berharap wabah cepat selesai sehingga aktivitas kembali berjalan normal," demikian Maulan Aklil.

Baca juga: Wali Kota Pangkalpinang jamin warga tak kelaparan saat wabah COVID-19

Baca juga: Pemkot Pangkalpinang umumkan satu orang positif COVID-19

Baca juga: Dinkes catat ODP COVID-19 di Pangkalpinang capai 75 orang

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020