Jakarta (ANTARA) - Pengendali Medis dan Paramedis Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Letnan Kolonel Marinir M. Arifin mengatakan pihaknya memulangkan 18 pasien pada Selasa sore.

"Sore ini kami pulangkan berjumlah 18 pasien yang rata-rata sudah diisolasi di sini lebih dari 18 hari," kata Letkol Marinir Arifin dalam konferensi pers di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Arifin menjelaskan bahwa mereka dalam kondisi sehat dan bisa beraktivitas normal selama menjalani isolasi di Wisma Atlet Kemayoran kurang lebih dari 18 hari.

"Kami sampaikan bahwa selama mereka di sini, mereka bisa bekerja sama dengan baik. Mereka bisa melaksanakan segala sesuatu kegiatan secara mandiri. Artinya, mereka semua dalam keadaan sehat dan baik-baik saja selama dirawat," katanya menegaskan.

Baca juga: RSD Wisma Atlet rawat 664 pasien hingga 21 April 2020

Baca juga: Bantu pemulihan pasien COVID-19, TNI AD kirim psikolog militer

Baca juga: RSUD Surakarta siap terima pasien dengan KIS


Sebelumnya, terhitung hingga Selasa pukul 08.00 WIB, enam orang pasien rawat inap RSD Wisma Atlet Kemayoran dibolehkan pulang untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Data tersebut dikonfirmasi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya TNI Yudo Margono.

Sejak beroperasi pada tanggal 23 Maret sampai sekarang, sebanyak 486 pasien telah keluar meninggalkan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet dengan perincian 74 pasien menuju 14 rumah sakit rujukan COVID-19 lain di DKI Jakarta, 393 pasien melakukan isolasi mandiri, tiga pasien meninggal dunia, dan 16 pasien lainnya meninggalkan rumah sakit atas permintaan sendiri (APS).

Hingga siang pukul 14.00 WIB tadi, RSD Wisma Atlet Kemayoran merawat sebanyak 664 pasien, sebanyak 379 di antaranya pria dan 285 perempuan.

Pasien rawat inap yang terkonfirmasi positif COVID-19 dirawat di Rumah Sakit Darurat penanganan COVID-19 sebanyak 570 orang.

Selanjutnya, pasien rawat inap berkategori dalam pengawasan (PDP) sebanyak 80 orang dan pasien rawat inap berkategori orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 14 orang.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020