Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan bahwa peran perempuan sangat penting dalam mendidik dan membentuk karakter anaknya kelak agar menjadi kuat, disiplin, jujur serta berakhlak mulia.

"Masa depan suatu bangsa yang sebagian besar terletak pada kaum perempuan karena peran perempuan sangat penting dalam mendidik dan membentuk karakter anaknya kelak agar menjadi kuat, disiplin, jujur serta berakhlak mulia," ucap Firli melalui keterangannya di Jakarta, Selasa dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Baca juga: Firli Bahuri sebut giat OTT tinggal menunggu waktu

Baca juga: KPK: Program pemerintah bisa gagal jika tak diiringi berantas korupsi

Baca juga: ICW nilai proses pengisian pejabat struktural KPK abaikan integritas


Ibarat menegakkan benang basah, lanjut Firli, karakter anak seperti itu tidak mungkin terbentuk tanpa peran aktif kaum hawa.

"Karakter yang menjadi fundamental bagi para penerus bangsa untuk menghadapi tantangan di masa depan sekaligus menyelesaikan berbagai persoalan bangsa seperti melepaskan diri negeri ini dari perilaku koruptif yang sangat destruktif, mengingat hal ini telah menjadi budaya di hampir semua tatanan kehidupan kita saat ini," tuturnya.

Seyogyanya, kata dia, kita segenap anak bangsa patut bersyukur dengan warisan dan suri teladan seorang Kartini yang mampu menginspirasi generasi demi generasi sejak dulu hingga saat ini.

"Kartini mampu membuktikan bahwasanya perempuan bukanlah kaum yang lemah secara ide, gagasan serta pemikiran. Perempuan memiliki rasionalitas seperti kaum lelaki sehingga memiliki peranan dan andil yang besar bagi perkembangan bangsa dan negara," ujar Firli.

Peran perempuan, ucap dia, saat ini tidak lagi sekadar berada di dalam wilayah domestik, namun merambah wilayah yang lebih luas dalam seluruh tatanan kehidupan lainnya.

"Kehadiran perempuan dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara mampu memberi warna dan teladan tentang bagaimana sesungguhnya menjalani kehidupan," ujar dia.

Ia pun mengatakan bahwa peringatan Hari Kartini sebaiknya jangan dirayakan sekadar seremoni tahunan belaka, apalagi dirayakan secara beramai-ramai di masa penyebaran pandemi COVID-19.

Menurut dia, esensi dari pengorbanan serta perjuangan seorang Kartini yang harus kita pahami dan implementasikan dalam kehidupan sehari-hari demi kemajuan masa depan bangsa.

"Selamat merayakan Hari Kartini, semoga teladan Kartini senantiasa mewarnai perjalanan seluruh anak bangsa dalam meraih cita-cita bersama yang lebih baik di masa depan," kata Firli.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020