Cara khusus Pandji Pragiwaksono bantu istri lancar menyusui

Cara khusus Pandji Pragiwaksono bantu istri lancar menyusui

Stand up comedian Pandji Pragiwaksono (Instagram.com/pandji.pragiwaksono)

Jakarta (ANTARA) - Komedian stand-up Pandji Pragiwaksono sudah belasan tahun lalu menjadi ayah yang aktif membantu istrinya, Gamila Mustika agar lancar menyusui.

Namun, ayah dari Wadilla Dipo Wongsoyudo (12) dan Ourania Almashira Wongsoyudo (8) itu masih ingat betul cara khusus yang dia lakukan agar ASI Gamila lancar.

"Memang walau sudah rada lama tapi enggak mungkin dilupain, kejadiannya lucu. Aku bikin situasi happy, enggak stres (untuk Gamila). Istriku kalau ketawa ASI-nya lancar. Jadi ketika (dia) menyusui, gua harus ngelawak, bikin dia ketawa," ujar dia dalam acara virtual Mamsi Kartiniku #DiRumahAja, Selasa.

Baca juga: Sarwendah beri ASI untuk Peto, apa dampaknya?

Baca juga: ASI pecepat proses pemulihan bayi yang dirawat intensif


Pandji tak selalu bisa melawak. Dia lalu mengumpulkan semua video para stand-up comedian dan memberikannya pada Gamila. Lucunya, Gamila selalu tertawa melihat video-video itu, kecuali video Pandji.

"Dia ketawa kecuali video stand-up gua, dia enggak ketawa," tutur dia.

Kepada para ayah di luar sana yang akan atau tengah menemani para istri mereka menyusui, Pandji berpesan untuk menjaga suasana hati para istri.

"Buat mood-nya menyenangkan. Kita hidup di lingkungan sosial yang tinggi, lindungi istri dengan jaga mood-nya dengan baik dengan begitu ASI-nya lancar," kata dia.

Kini Pandji menikmati masa-masa mengantarkan kedua buah hatinya menuju masa remaja. Dia bercerita hal unik soal anaknya. Dipo misalnya, saat kelas 5 tiba-tiba ingin berhenti sekolah karena ingin mengejar passion.

Pandji lalu bertanya impian apa yang ingin diraih Dipo, sang anak menjawab "cita-cita ingin menjadi ninja". "Saya bilang ninja engga ada BPJS Ketenagakerjaan, enggak ada pensiun," tutur dia.

Baca juga: Pandji Pragiwaksono ajak generasi muda isi kemerdekaan dengan karya

Baca juga: Alasan Pandji Pragiwaksono tak terjun ke dunia politik

Baca juga: Secuil cerita Pandji Pragiwaksono soal gigi dan tahi lalat

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar