Jakarta (ANTARA) - Koordinator Tim Relawan Gugus Tugas COVID-19 Andre Rahadian mengatakan gerakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 menggelar rapid test massal adalah bentuk gotong royong warga dalam memberi dukungan kepada pemerintah melawan pandemi COVID-19.

Andre mengapresiasi langkah relawan menggelar tes cepat secara massal tersebut, seperti salah satunya yang akan digelar di Parkiran Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/4/2020).

"Jadi gerakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 merupakan bentuk nyata atau kepedulian dari masyarakat terkait pandemi ini, di mana kita semua merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang secara gotong royong, bersama-sama dengan tingkat solidaritas yang ada, kita bersatu melawan COVID-19 ini," ujar dia dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (21/4/2020).

Baca juga: BPJAMSOSTEK NTB sisihkan gaji untuk lindungi relawan COVID-19

Andre mengatakan Rapid Test diperlukan bagi seluruh masyarakat, tidak hanya di DKI Jakarta saja, tapi juga seluruh Indonesia.

"Itu bahkan sudah menjadi program dari pemerintah untuk mengadakan tes cepat tersebut sebanyak-banyaknya. Tujuannya, supaya kita bisa mengetahui dan mendapatkan data yang paling akurat," ujar Andre.

Agar tugas mulia menyelamatkan bangsa Indonesia dari COVID-19 berjalan dengan sebaik mungkin, Andre mengingatkan kepada para relawan yang sudah mendaftar di Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 selalu membekali diri dengan baik.

Baca juga: Sebanyak 40.000 desa bentuk Relawan Desa Lawan COVID-19

"Setelah menerima pelatihan yang cukup, jangan lupa menggunakan alat kelengkapan yang sudah dibagikan dan juga yang sesuai dengan jenis-jenis pekerjaan yang harus dilakukan, jangan sampai kita sebagai relawan justru menjadi bagian yang menyebarkan penyakit," kata Andre.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020