Kemarin, Luhut soal larangan mudik hingga harga minyak anjlok

Kemarin, Luhut soal larangan mudik hingga harga minyak anjlok

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (ANTARA/Ade Irma Junida)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (21/4) kemarin, mulai dari penjelasan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan pelarangan mudik hingga Wall Street anjlok terseret turunnya harga minyak.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Luhut: Mudik dilarang untuk wilayah Jabodetabek, PSBB, dan zona merah Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Menteri Perhubungan ad interim Luhut Binsar Panjaitan menyatakan larangan mudik berlaku untuk kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan zona merah.

"(Larangan mudik) untuk wilayah Jabotabek dan wilayah-wilayah yang sudah ditetapkan untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar dan juga wilayah yang masuk zona merah Virus Corona. Jadi saya kira pemerintah daerah juga nanti bisa mengatur di sana," kata Luhut Pandjaitan di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Hari Kartini, Sri Mulyani ajak peduli kemanusiaan walau di rumah saja Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengajak seluruh komponen bangsa menjadi pahlawan kemanusiaan, meski berada di dalam rumah saat wabah Virus Corona baru atau COVID-19 ketika memaknai semangat Hari Kartini.

“Seperti Kartini, tidak seharusnya dinding-dinding rumah menghalangi kita peduli kepada sesama manusia,” kata Sri Mulyani dikutip melalui akun instagram pribadinya @smindrawati di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Cegah Corona, di pasar ini pedagang wajib cuci tangan 4 jam sekali Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengeluarkan kebijakan bahwa seluruh pedagang dan pengunjung yang masuk area pasar tradisional wajib menggunakan masker dan menjaga jarak sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona baru atau COVID-19.

"Sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19, kami menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi masyarakat dan komunitas yang akan masuk ke pasar-pasar tradisional," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman Mae Rusmi Suryaningsih di Sleman, Selasa

Baca selengkapnya di sini

 

4. Rupiah melemah seiring masih tingginya permintaan dolar Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore melemah seiring masih tingginya permintaan dolar AS.

Rupiah ditutup melemah 55 poin atau 0,36 persen menjadi Rp15.468 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.413 per dolar AS.

Baca selengkapnya di sini

 

5. Wall Street anjlok, terseret kejatuhan harga minyak mentah Amerika Wall Street anjlok pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB) setelah minyak mentah berjangka AS berubah negatif untuk pertama kalinya dalam sejarah, dengan para pedagang dipaksa membayar untuk membongkar minyak mentah ketika kontrak Mei berakhir selama kemerosotan ekonomi global yang diakibatkan wabah Virus Corona.

Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 592,05 poin atau 2,44 persen menjadi ditutup pada 23.650,44 poin. Indeks S&P 500 jatuh 51,40 poin atau 1,79 persen, menjadi berakhir di 2.823,16 poin. Indeks Komposit Nasdaq berkurang 89,41 poin atau 1,03 persen, menjadi ditutup di 8.560,73 poin.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Luhut sebut kehadiran TKA membuka lapangan kerja baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar