Palembang (ANTARA) - Badan Restorasi Gambut (BRG) melalui Kedeputian 3 melakukan pemberdayaan masyarakat desa gambut di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan dengan memberikan bantuan bahan untuk produksi masker menghadapi pandemi COVID-19.

Dinamisator BRG Provinsi Sumatera Selatan, DD Shineba di Palembang, Rabu, mengatakan salah satu desa gambut yang mendapatkan bantuan untuk memproduksi masker yakni Desa Menang Raya, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Dia menjelaskan, pemberdayaan itu merupakan salah satu bentuk kolaborasi BRG bersama masyarakat desa gambut untuk menghadapi dan menghentikan penularan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Kegiatan produksi tahap awal 10.000 lembar masker kain yang akan dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat di desa yang didampingi dengan program Desa Peduli Gambut Sumsel, katanya.

Baca juga: UMKM di Surabaya produksi ribuan masker dan APD setiap hari

Menurut dia, dipilihnya masyarakat Desa Menang Raya untuk memproduksi masker karena Ibu-ibu dan perempuan desa tersebut banyak yang memiliki keterampilan menjahit dan memiliki fasilitas yang memadai.

Selain itu juga untuk mendorong masyarakat di desa gambut kreatif maksimalkan pemanfaatan mesin jahit bantuan BRG kepada pengerajin purun pada tahun 2018.

Dalam situasi wabah COVID-19 beberapa bulan terakhir kegiatan produksi kerajinan purun berkurang, atas inisiatif kepala desa, beberapa mesin jahit bantuan BRG dipergunakan untuk membuat masker kain, ujar Shineba.

Baca juga: Hari Kartini, Lapas Perempuan Denpasar buat dan sumbang 500 masker

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020