Jakarta (ANTARA) - Universitas Pertahanan (Unhan) melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai wujud Tridharma Perguruan Tinggi dengan memberikan bantuan kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Siaran pers yang diterima, di Jakarta, Rabu, menyebutkan, Rektor Unhan Laksamana Muda TNI Dr Amarulla Octavian, ST MSc DESD, bersama segenap civitas academica Unhan membantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19 dalam bentuk pemberian makanan siap saji di 10 lokasi baik di wilayah Jakarta, Bogor dan Depok.

Baca juga: Sudah tahu akan ada pandemi, Bill Gates timbun makanan

Baca juga: TNI-Polri salurkan 4.000 makanan untuk masyarakat terdampak COVID-19

Baca juga: Dapur umum Riau distribusikan 1.100 kotak makanan saat PSBB


Di setiap lokasi tersebut masyarakat yang membutuhkan memperoleh rata-rata 550 kotak nasi dengan menu sehat dan bergizi.

"Program 'Unhan Peduli' sudah diselenggarakan sejak 4 hari yang lalu dan akan terus berlangsung hingga selama bulan Ramadhan sampai dengan Hari Raya Idul Fitri 2020," kata Octavian.

Pada kesempatan tersebut Rektor Unhan didampingi Kepala Biro Umum Unhan Brigjen TNI Susilo Adi Purwantoro berkempatan memimpin langsung penyerahan makanan siap saji di Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Menurut Rektor Unhan, program "Unhan Peduli" sebagai salah satu bentuk kepedulian civitas academica Unhan kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19 sekaligus berupaya mengedukasi masyarakat agar benar-benar mau tinggal di rumah saja sesuai himbauan pemerintah guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

Program "Unhan Peduli" juga memberdayakan banyak warung makan di sekitar lokasi sebagai penyedia nasi kotak.

Sehingga, lanjut dia, ada dua manfaat yang dapat dirasakan masyarakat, yaitu membantu masyarakat secara langsung sekaligus mendorong roda ekonomi mikro agar tetap dapat bertahan selama pandemi COVID-19 ini berlangsung.

Pembagian nasi kotak kepada masyarakat dibantu oleh Lurah, RW, RT setempat, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) serta aparat terkait, dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dengan menerapkan physical distancing (pembatasan fisik) dan social distancing (pembatasan sosial).

Diharapkan program "Unhan Peduli" itu dapat diikuti oleh universitas dan perguruan tinggi lain seluruh Indonesia mendukung upaya pemerintah.

Baca juga: Jaringan Jurnalis Kristiani bagi makanan ke warga terdampak COVID-19

Baca juga: Paket makanan didistribusikan ke warga Jalan Musyawarah Kebon Jeruk

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020