Dirjen Pajak sebut 9,71 juta Wajib Pajak telah lapor SPT

Dirjen Pajak sebut 9,71 juta Wajib Pajak telah lapor SPT

Sejumlah petugas mengenakan masker dan sarung tangan saat melayani wajib pajak di Kantor Samsat Simpang Tiga, Kota Pekanbaru, Riau, Senin (6/4/2020). ANTARA FOTO/FB Anggoro/hp.

Karena COVID-19 jadi masih ada sekitar 2 juta WP yang tahun kemarin sudah menyampaikan sedangkan tahun ini belum
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo menyebutkan sebanyak 9,71 juta Wajib Pajak baik Orang Pribadi maupun Badan telah melaporkan surat pemberitahuan (SPT) Tahunan per 21 April 2020.

“Sampai dengan kemarin SPT yang diterima secara keseluruhan ada diangka 9,71 juta,” katanya dalam diskusi publik secara daring di Jakarta, Rabu.

Suryo mengatakan jumlah pelaporan SPT yang sudah diterima oleh DJP itu merupakan 52,97 persen dari target yaitu sekitar 18 juta WP OP dan Badan.

Sementara itu, ia menuturkan total pelaporan sebesar 9.712.537 itu lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yakni 11.682.289 juta WP.

“Karena COVID-19 jadi masih ada sekitar 2 juta WP yang tahun kemarin sudah menyampaikan sedangkan tahun ini belum,” katanya.

Suryo merinci dari penyampaian SPT tersebut mayoritas dilakukan secara elektronik yaitu mencapai 96,5 persen dari total SPT yang diterima dan meningkat dari periode sama tahun lalu yaitu 93,78 persen.

Sedangkan untuk pelaporan secara manual hanya dilakukan oleh 339.517 WP yang juga lebih rendah dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yakni 727.048 WP.

“Saya berterima kasih karena dalam situasi ini semua komunikasi dilakukan kalau bisa secara elektronik untuk mengurangi interaksi antara kami dan WP sekaligus mendukung kebijakan pemerintah terkait social distancing,” katanya.

Suryo pun mengimbau kepada para WP agar segera melaporkan SPT karena akan berakhir pada 30 April 2020 terutama disampaikan melalui elektronik atau non manual.

“Kami mengimbau kepada WP tolong mohon segera disampaikan SPT nya sampai akhir April 2020 ini dan dalam kondisi seperti ini kami membuka betul dan menambah layanan yang bisa dihubungi secara elektronik,” katanya.

Baca juga: DJP berikan relaksasi penyampaian dokumen SPT hingga Juni 2020
Baca juga: DJP sebut realisasi penyampaian SPT capai 9,14 juta

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Luncurkan e-SPPT PBB, Kota Malang targetkan PAD Rp2 triliun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar