UP berikan beasiswa bagi mahasiswa jalur seleksi nilai rapor

UP berikan beasiswa bagi mahasiswa jalur seleksi nilai rapor

Ilustrasi - Seleksi jalur masuk perguruan tinggi (ANTARA/HO-Dok pri)

seleksi mahasiswa baru melalui jalur nilai rapor ini dapat menambah semangat para peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di tengah pandemi COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Universitas Pertamina (UP) untuk pertama kalinya menyelenggarakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nilai rapor dan akan memberikan beasiswa bagi 100 mahasiswa terbaik yang lolos dalam seleksi itu.

"Seluruh peserta berkesempatan mendapatkan beasiswa berupa potongan biaya sumbangan pengembangan institusi (SPI) yaitu sebesar 50 persen hingga 100 persen. Beasiswa ini akan diberikan kepada 100 peserta dengan pemeringkatan nilai terbaik dalam proses seleksi," ujar Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, Prof Dr Ir Ichsan Setya Putra, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan seleksi berdasarkan nilai rapor itu akan dapat membantu dan memudahkan calon peserta didik dalam proses seleksi.

"Kami berharap, seleksi mahasiswa baru melalui jalur nilai rapor ini dapat menambah semangat para peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di tengah pandemi COVID-19. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan perlindungan dan semoga pandemi ini dapat segera berakhir," kata dia.

Jalur seleksi itu merupakan seleksi tanpa tes tertulis yang diperuntukkan bagi siswa SMA/sederajat lulusan 2019 dan 2020.

Pendaftaran untuk seleksi nilai rapor telah dibuka sejak 15 April hingga 12 Mei 2020. Adapun, periode pengisian data diri bagi calon peserta seleksi yang telah melakukan pembayaran, dilaksanakan mulai 4 hingga 12 Mei 2020.

Biaya pendaftaran untuk seleksi nilai rapor adalah Rp150.000 untuk kelompok ujian IPA dan IPS, serta Rp200.000 untuk kelompok ujian IPC.

Peserta dapat memilih empat program studi yang ada di Universitas Pertamina dan disesuaikan dengan kelompok ujiannya. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan pada minggu ketiga Mei 2020.

Baca juga: Universitas Pertamina gunakan nilai UTBK untuk seleksi masuk
Baca juga: Universitas Pertamina perkuat riset bidang energi terbarukan
Baca juga: Universitas Pertamina targetkan lulusan teknologi energi kompeten

 

Pewarta: Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar