Jakarta (ANTARA) - Penyair Joko Pinurbo atau juga biasa disapa Jokpin, membuat puisi khusus yang menceritakan tentang situasi pada saat sedang terjadi pandemi corona, seperti kampanye ajakan di rumah saja dan kisah yang menceritakan perjuangan melawan COVID-19.

Jokpin membuat puisi tersebut sekaligus membacakannya dalam acara ruang sastra Puisi Cinta #dirumahaja dalam saluran kanal YouTube Budaya Saya yang dipantau di Jakarta, Kamis, yang diikuti oleh 14 penyair lainnya yang juga sama-sama membaca puisi.

Acara tersebut diinisiasi oleh sastrawan Putu Fajar Arcana dan didukung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada acara tersebut seluruh penyair yang diundang, termasuk Jokpin, kemudian membacakan puisi karyanya masing-masing secara bergantian.

Joko Pinurbo sendiri membacakan tiga puisi karnya, satu puisi merupakan modifikasi dari puisi yang pernah ditulisnya dan disesuaikan dengan kondisi saat terjadi pandemi corona seperti saat ini, sementara dua puisi lagi adalah karya baru yang ditulisnya pada Tahun 2020.

Puisi pertama yang dibaca adalah modifikasi dari karyanya yang berjudul "Doa Orang Sibuk yang 24 Jam Sehari Berkantor di Ponselnya". Pada puisi yang dibuatnya pada Tahun 2018 tersebut, Jokpin mengubah dua kata dari penggalan sajaknya, yaitu yang sebelumnya "ponsel saya rusak dibanting lindu" menjadi "ponsel saya rusak digerogoti virus corona".

Terdapat dua puisi lainnya yang Jokpin cipta dengan sajaknya berkorelasi erat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari pada masa pandemi COVID-19 saat ini. Berikut dua puisi karya Jokpin soal corona:


Maut Tersenyum

Maut tersenyum
Mengulurkan mawar sekuntum
Dan dengan takzim mengecup jidatmu

Kamu di rumah saja merawat dirimu sendiri
Jangan berlagak gagah dan berani menghadapi pandemi yang ganas ini

Biar aku yang berkeliaran
Membagikan masker dan pembersih tangan

Kamu di rumah saja merawat sepimu sendiri
Biar aku yang berkeliling kota membagikan doa dan pembersih dosa

Maut tersenyum
Mengulurkan mawar sekuntum
Dan dengan takzim mencium takutmu

Joko Pinurbo
2020


Di rumah sakit

Kalender mengucapkan selamat tidur
Kepada mata ngantuk yang masih menyala

Jam dinding mengucapkan selamat tidur
Kepada dokter yang masih terjaga

Obat tidur mengucapkan selamat tidur
Kepada pasien yang masih berdoa

KTP mengucapkan selamat tidur
Kepada calon jenazah yang masih memikirkan besok akan dikuburkan di mana

Joko Pinurbo
2020

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020