KlikDokter gelar rapid test massal COVID-19

KlikDokter gelar rapid test massal COVID-19

Pelaksanaan rapid test oleh KlikDokter di salah saru rumah sakit. (ANTAR/HO-KlikDokter)

berlaku mulai tangal 21 April 2020, dilaksanakan sesuai jam operasional masing-masing rumah sakit yang telah ditentukan
Bogor (ANTARA) - PT Kalbe Farma melalui anak usahanya di bidang layanan kesehatan digital, KlikDokter menggelar tes cepat atau rapid test virus corona (COVID-19) secara massal bagi masyarakat umum di area Jabodetabek dan Surabaya.

"Adapun Rumah Sakit yang bekerja sama dengan KlikDokter dalam pelaksanaan rapid test adalah RS EMC Tangerang, EMC Sentul, RS Azra Bogor, RS Husada Utama Surabaya, dan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading," kata Direktur Utama KlikDokter, Dino Bramanto, Kamis.

Baca juga: Lima aplikasi untuk konsultasi kesehatan selama #DiRumahAja

Baca juga: Pemerintah gandeng KlikDokter bantu edukasi terkait COVID-19

Baca juga: PDP di Kota Bogor bertambah 13 pasien

Baca juga: Dinkes Kota Bogor laksanakan lagi rapid test kepada 250 ODP-ODR


Menurutnya, layanan ini tidak dikenakan biaya, berlaku satu kali tes gratis untuk setiap alat rapid test. Pelanggan hanya dikenakan biaya pengganti peralatan pelindung tenaga medis dan jasa dokter.

"Pendaftaran dan pembayaran administrasi dilakukan melalui aplikasi KlikDokter sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Yang ingin melakukan rapid test hanya dengan meng-klik banner Ads Cek Risiko Corona yang ada di aplikasi KlikDokter," terang Dino.

Ia mengatakan, layanan rapid test ini berlaku mulai tangal 21 April 2020, dilaksanakan sesuai jam operasional masing-masing rumah sakit yang telah ditentukan.

"Pelayanan akan terus diperluas ke berbagai wilayah bersama Kemenkes, BNPB dan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus COVID-19," tuturnya.

Dino menerangkan, pemeriksaan rapid test ini menggunakan sampel darah untuk diuji. Darah yang diambil kemudian akan digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, yakni antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Sehingga, pasien yang sudah berada pada tahap awal infeksi dapat lebih cepat diidentifikasi dan ditangani.

Pelaksanaan rapid test ini melengkapi layanan digital KlikDokter yang sebelumnya telah meluncurkan fitur pemeriksaan risiko COVID-19. Melalui fitur yang bisa diakses melalui website KlikDokter, masyarakat bisa langsung melakukan pengecekan.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sejumlah aplikasi kesehatan daring bergabung tangani COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar