Gojek hadirkan inisiatif "eBadah" mudahkan aktivitas selama Ramadhan

Gojek hadirkan inisiatif "eBadah" mudahkan aktivitas selama Ramadhan

Gojek luncurkan inisiatif "eBadah" mudahkan aktivitas pengguna selama Ramadhan (HO/Gojek)

Jakarta (ANTARA) - Gojek memperkenalkan inisiatif "eBadah" atau "ibadah elekronik" guna memberi kemudahan bagi pengguna untuk beraktivitas selama bulan Ramadhan.

Inisiatif "eBadah" memberi kemudahan bagi masyarakat dalam bersedekah, berbagi rezeki, mengikuti dakwah, menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka puasa, hingga menjalani aktivitas produktif lainnya selama Ramadan, dengan memanfaatkan sejumlah fitur di aplikasi Gojek.

"Menjalani aktivitas Ramadhan tahun ini tentu akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi COVID-19. Gojek mencari jalan untuk membantu pengguna kami, terutama masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, agar dapat tetap menjalankan aktivitas secara maksimal walaupun mereka harus berada #dirumahaja," ujar Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marita dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Gojek pastikan GoRide di luar Jakarta tetap jalan

"Oleh karena itu, Gojek meluncurkan inisiatif "eBadah," yaitu serangkaian layanan digital yang memberi kemudahan beraktivitas di bulan suci Ramadan dalam satu aplikasi," dia melanjutkan.

Inisiatif "eBadah" memberikan berbagai solusi mulai dari "eSedekah," "eBukber," "eRezeki," "eNgabuburit," hingga "eParsel," agar masyarakat dapat tetap menjalani keseharian Ramadhan, termasuk untuk dapat bersedekah dan berbagi kebaikan kepada sesama.

"Rangkaian layanan digital dalam "eBadah" ini merupakan komitmen kami dalam memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, termasuk di tengah COVID-19 seperti sekarang ini," Nila menambahkan.

Baca juga: Jawaban Gojek soal menghilangnya layanan "ojol" GoRide di aplikasi

Inisiatif Gojek untuk membantu umat muslim di Indonesia menjalankan aktivitas dengan lebih mudah selama Ramadan di rumah masing-masing itu mendapat apresiasi dari Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Kamaruddin Amin.

"Kami yakin berbagai kemudahan yang disediakan oleh inisiatif "eBadah" ini dapat mendorong masyarakat untuk tetap khusyuk menjalani ibadah Ramadan di rumah, sejalan dengan imbauan Pemerintah melalui Surat Edaran Menteri Agama No. 6 Tahun 2020 mengenai Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri di Tengah Pandemi Wabah COVID -19," ujar Kamaruddin.

Lima inisiatif "eBadah" Gojek, pertama "eBukber" (Buka Bersama) yang memudahkan pengguna dalam menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka puasa lewat layanan GoFood, GoMart, dan GoShop.

Baca juga: Halodoc dan Gojek sediakan rapid test COVID-19 "drive thru" gratis

Meski Ramadhan hadir di tengah masa pandemi COVID-19, pengguna tetap dapat bersilaturahmi dengan mengirimkan makanan ke keluarga dan teman, yang tinggal di luar kota sekalipun, dengan menggunakan fitur "Ganti Lokasi" dari layanan GoFood.

Pengguna juga dapat berbagi kebaikan untuk mereka yang membutuhkan, seperti anak-anak di panti asuhan dan juga mitra driver Gojek.

Selain memanfaatkan layanan GoFood untuk membeli makanan siap santap, pengguna Gojek bisa membeli makanan siap masak serta makanan dan minuman kemasan di merchant GoFood dan mengakses gerai belanja modern seperti Alfamart, FamilyMart, Lawson, dan Circle K.

Kedua, masyarakat dapat berpartisipasi di "eSedekah" melalui platform donasi GoGive untuk membantu sesama. Melalui kolaborasi antara Gojek dan Kitabisa, bantuan tersebut akan disalurkan oleh berbagai organisasi nirlaba terbesar di Indonesia seperti Baznas, Lazis Muhammadiyah, NU CARE-LazisNU, Rumah Zakat, Wahana Visi Indonesia dan Indorelawan.

Baca juga: Kementan gandeng Gojek, beli pangan di Toko Mitra Tani gratis antar

Ketiga, layanan GoPay memberikan kemudahan kepada masyarakat yang hendak berbagi "eRezeki" kepada keluarga atau kerabat, melalui layanan transfer atau kirim saldo GoPay ke siapa pun yang memiliki akun Gojek.

Keempat, "eNgabuburit" Gojek menghadirkan beragam program dan konten dengan fasilitas pembelian tiket di GoTix sehingga masyarakat dapat memperoleh berbagai opsi dalam mengisi waktu selama Ramadhan dengan kegiatan yang bermakna.

Secara khusus, lewat inisiatif "eDaran" (Dakwah Ramadan), Gojek berkolaborasi dengan sejumlah organisasi keagamaan seperti Baznas, NU CARE-LAZISNU, Lazis Muhammadiyah, Rumah Zakat, Majelis Az-Zikra, Baitul Maal Hidayatullah dan TemanTajir dalam menghadirkan sesi dakwah online dengan memberlakukan pembelian tiket sebagai bentuk donasi untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Gojek beri voucher perjalanan untuk tenaga kesehatan

Kelima, layanan GoSend untuk membantu masyarakat yang membutuhkan jasa "eParsel" atau pengantaran barang kepada keluarga dan kerabat selama Ramadan #dirumahaja.

Layanan GoSend juga dapat membantu masyarakat berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan dengan mengirimkan donasi paket langsung sampai tujuan, baik kepada anak yatim piatu maupun masyarakat yang membutuhkan lainnya

Berbagai layanan di dalam inisiatif "eBadah" dapat diakses melalui halaman utama aplikasi Gojek. Lebih dari itu, pengguna dapat mengakses Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H/2020 M yang dirilis oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Baca juga: Gojek sediakan 130 posko aman di 16 kota

Baca juga: 200 ribu pengemudi Gojek dapat sembako

Baca juga: Gojek siapkan tiga langkah strategis saat PSBB di Jakarta

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ojol beroperasi, ini prosedur kesehatan Gojek dan Grab

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar