Kalau masyarakat belum memahami tentu tujuan penerapan PSBB ini tidak akan didapatkan
Padang, (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) mengerahkan personel gabungan untuk melakukan patroli di daerah setempat, untuk mengedukasi masyarakat terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Kapolda Sumbar Irjen Toni Harmanto, di Padang, Jumat, mengatakan hari ini merupakan hari ketiga penerapan PSBB, namun rasanya belum semua masyarakat dapat memahami hal tersebut.

"Kalau masyarakat belum memahami tentu tujuan penerapan PSBB ini tidak akan didapatkan, yakni menekan angka orang yang positif, PDP, bahkan ODP," kata dia.
Baca juga: Polda Sumatera Barat akui terkendala anggaran dukung PSBB


Ia mengatakan, petugas Polri akan memberikan sosialisasi secara langsung ke masyarakat, dan ini tidak hanya di Kota Padang tapi seluruh jajaran polres di Sumbar.

"Kita berharap langkah ini dapat membuat masyarakat dapat menjalankan PSBB sesuai dengan yang diharapkan pemerintah provinsi untuk memutus penyebaran virus," kata dia pula.

Menurutnya, hal ini dilakukan setelah adanya evaluasi dan analisa yang dilakukan pihaknya terhadap pemberlakuan PSBB di Sumbar.

"Kita akan sinergi dengan petugas TNI, Satpol PP, dan instansi lainnya dalam melakukan sosialisasi ini," kata dia.

Dia mengingatkan dalam melaksanakan tugas, petugas harus menetapkan protokol COVID-19 dengan menjaga jarak antaranggota, menggunakan masker, dan lainnya.

"Saya apresiasi petugas yang bekerja di lapangan, apalagi di bulan Ramadhan. Jalani dengan niat tulus dan ikhlas dan semoga dibalas pahala oleh Allah SWT," kata dia pula.
Baca juga: Satpol PP dirikan dua pos pemantauan di Pasar Raya Padang saat PSBB

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020