Pelindo III bantu 1.500 APD di tujuh RS Surabaya dan Bali

Pelindo III bantu 1.500 APD di tujuh RS Surabaya dan Bali

Pemberian bantuan APD dari Pelindo III ke perwakilan RS Universitas Airlangga Surabaya. (ANTARA /H.O Pelindo III)

Para tenaga medis khususnya yang bertugas menangani pasien COVID-19 di Indonesia masih sulit memenuhi kebutuhan APD
Surabaya (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyerahkan bantuan sebanyak 1.500 baju APD atau hazmat lengkap untuk tujuh rumah sakit rujukan COVID-19 di Surabaya dan Bali, sebagai upaya membantu tenaga medis di garda terdepan dan memenuhi kebutuhan APD yang langka di pasaran.

"Para tenaga medis khususnya yang bertugas menangani pasien COVID-19 di Indonesia masih sulit memenuhi kebutuhan APD akibat kelangkaan di pasaran, dan ini menjadi perhatian utama Pelindo III, sebagai salah satu perusahaan BUMN," kata Direktur SDM Pelindo III Toto Heli Yanto di Surabaya, Jumat.

Ia menyebutkan, tujuh rumah sakit yang mendapat bantuan APD dari Pelindo III di antaranya adalah RS Universitas Airlangga dan RSUD Soewandhi Surabaya, sementara di Bali adalah RSUP Sanglah, RSUD Sanjiwani Gianyar, RSUD Kabupaten Buleleng, RSUD Tabanan, dan RSPTN Udayana Bali.

Baca juga: Tiga BUMN patungan sediakan 80.000 APD untuk rumah sakit

"Rumah Sakit tersebut dipilih Pelindo III untuk lokasi penyerahan bantuan karena merupakan rumah sakit rujukan terakhir yang khusus menangani pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah masing masing," katanya.

Ia mengatakan, pemberian APD ini sebagai dukungan kepada para tenaga medis yang memiliki risiko tertular dan tingkat kematian yang cukup tinggi.

Menurut dia, penanganan COVID-19 tidak akan maksimal jika para petugas medis yang menangani pasien tidak dilengkapi perlengkapan yang mampu melindungi mereka dari penularan penyakit.

"Kami menyadari tugas para tenaga medis cukup berat dalam penanganan pandemi COVID-19 ini. Mereka merupakan lini utama dalam penanganan para pasien. Oleh karena itu, kesehatan mereka harus selalu terjaga dan terjamin, sehingga kami putuskan untuk memberikan dukungan atas tugas mereka dengan memberikan APD ini kepada mereka," katanya.

Baca juga: Pelindo III siap ubah terminal penumpang jadi RS pasien COVID-19

Sementara itu, perwakilan dari RS Universitas Airlangga Prof Dr Djoko Agus Purwanto yang menjadi salah satu penerima bantuan tersebut mengatakan, pihaknya sangat membutuhkan sedikitnya 5.000 APD setiap minggu untuk operasional penanganan pasien COVID-19.

Padahal, cadangan APD yang tersedia di rumah sakit sangat terbatas, sehingga RSUA sangat berterima kasih kepada Pelindo III yang memberikan bantuan APD, apalagi jenis APD yang diserahkan adalah APD Reusable sehingga bisa dipakai berulang kali.

"Kami akui, saat ini kami sangat kekurangan APD. Cadangan yang kami miliki tidak cukup untuk penanganan jangka panjang di Jawa Timur yang jumlahnya terus bertambah. Setidaknya kami membutuhkan 5.000 APD setiap minggunya, sehingga bantuan APD yang diberikan kepada kami sangat bermanfaat," katanya.

Baca juga: Pelindo III, Kementerian BUMN dan swasta sumbang 90 ribu APD

Baca juga: Pelindo III bentuk posko cegah COVID-19 di Bali


 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Transisi normal baru di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar