Jakarta (ANTARA News) - Chief Excecutive Officer (CEO) PT Indofood Sukses Makmur (ISM) Bogasari Flours Mills, Fransiscus Welirang, mengaku sangat memahami apa yang dialami karyawannya karena dia sendiri memulai karier dari bawah.

"Saya merasakan apa yang mereka rasakan. Saya juga tahu berbagai karakter mereka," katanya ketika berbagi pengalaman pada acara peluncuran buku Indonesian Top CEO Wisdom di Jakarta, Selasa.

Suami Myra Salim, putri taipan terbesar era Soeharto, Soedono Salim alias Liem Sioe Liong itu juga mengaku dirinya berkomunikasi secara terus menerus dan selalu berbagi dengan karyawan.

"Saya menerapkan pola sendiri. Ada kalanya tarik ulur, dan mengarahkan mereka. Namun sewaktu-waktu mereka harus bisa dilepas, agar tidak bergantung selalu di bawah ketiak," kata pria kelahiran Padang, Sumatera Barat 9 November 1951 itu.

Ia menamatkan pendidikan insinyur kimia bidang plastik di Institute South Bank Polytechnic, London, Inggris tahun 1974 dan mengawali sepak terjangnya dengan bergabung pada Salim Economic Development pada tahun 1974 hingga 1975.

Buku Indonesian Top CEO Wisdom" yang diluncurkan merupakan buku pertama di Indonesia yang mengangkat kearifan CEO. Buku ini mencoba menggali buah pikiran dan pengamalan 13 CEO terkemuka di Indonesia.

Buku ini ditulis para dosen Binus Business School yakni Firdaus Alamsjah, Minaldi Loeis, Amalia E Maulana, dan Irham A Dilmi. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009