Jakarta (ANTARA) - FIFA akan mengucurkan dana sebesar 150 juta dolar AS atau sekitar Rp2,3 triliun kepada 211 negara anggota mereka untuk membantu memulihkan kondisi ekonomi yang terdampak akibat pandemi COVID-19.

Melalui pernyataan yang dilansir dari Reuters, Jumat, FIFA menegaskan nantinya badan atau federasi sepak bola nasional yang ada di tiap-tiap negara akan menerima dana sebesar 500.000 dolar AS atau sekitar Rp7,7 miliar.

Dana bantuan tersebut diberikan mengingat dunia sepak bola sedang terhenti akibat penyebaran virus corona, sementara klub-klub sepak bola harus terus berjuang untuk memperoleh pendapatan.

Baca juga: CONMEBOL desak FIFA bicarakan bantuan untuk klub selama pandemi corona
Baca juga: FIFA siap rogoh dana simpanan bantu finansial klub terdampak corona


“Pandemi ini merupakan tantangan bagi dunia sepak bola, dan FIFA, sebagai federasi tertinggi sepak bola dunia, mempunyai tanggung jawab untuk membantu mereka yang membutuhkan,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino, Jumat.

“Kami akan menyediakan dana langsung bagi seluruh negara anggota karena banyak dari mereka yang keuangannya sudah mulai terpuruk. Ini adalah langkah awal sekaligus respon atas kondisi darurat yang dialami oleh komunitas-komunitas sepak bola di seluruh dunia,” sambung Infantino.

Lebih lanjut, FIFA menyatakan dana bantuan tersebut akan diberikan kepada tiap-tiap anggotanya dalam waktu dekat.

“Bantuan keuangan langsung ini harus segera dipergunakan demi mengurangi dampak ekonomi yang dirasakan oleh klub-klub sepak bola di dunia akibat pandemi COVID-19,” ungkap Infantino.

Baca juga: FIFA rekomendasikan perpanjangan kontrak pemain
Baca juga: FIFA siap sumbang Rp150,8 miliar dana solidaritas WHO lawan COVID-19
Baca juga: Presiden FIFA: kesehatan pemain lebih penting dibandingkan sepak bola


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020