Smartfren pastikan kapasitas jaringan selama Ramadhan dan Lebaran

Smartfren pastikan kapasitas jaringan selama Ramadhan dan Lebaran

Pelayanan Smartfren untuk upgrade eSIM di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Jumat (6/9/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan penyedia layanan telekomunikasi Smartfren menjamin kualitas jaringan selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini, dan memprediksi kenaikan lalu lintas komunikasi data tidak jauh berbeda dari tahun lalu.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (24/4), VP Technology Relations Smartfren, Munir Syahda Prabowo, mengatakan akan ada konsentrasi penyebaran yang berbeda, mengingat imbauan untuk tidak mudik dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga: Lalu lintas data internet melonjak sejak kerja dari rumah

Menurut Munir, konsentrasi penyebaran pengguna tidak terfokus hanya di beberapa kota tujuan mudik. Sementara, kenaikan lalu lintas data diperkirakan mencapai 20 persen karena peningkatan pengguna layanan video streaming, musik dan gaming.

Sebagai antisipasi terjadinya lonjakan trafik data, Smartfren telah mempersiapkan secara teknis maupun operasional perusahaan selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Smartfren memastikan kecukupan kapasitas dan kualitas jaringan, melakukan pengaturan route traffic, monitoring intensif dari Network Operation Center (NOC) selama 7x24 jam dan menyiagakan tim khusus untuk gerak cepat ke lapangan jika terjadi gangguan.

Baca juga: Smartfren jadwal ulang uji coba 5G karena virus corona

Selain itu, Smartfren meluncurkan dua Paket Unlimited terbaru sebagai antisipasi diperpanjang dan diperluasnya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan layanan telekomunikasi yang diperkirakan akan semakin meningkat.

Adapun kedua Paket Unlimited yang diluncurkan, yaitu Paket Unlimited 7GB seharga Rp20 ribu berlaku tujuh hari dengan batas pemakaian wajar 1GB/hari, dan Paket Unlimited 14GB seharga Rp40 ribu berlaku 14 hari dengan batas pemakaian wajar 1GB/hari. Kedua paket ini tersedia dalam voucher fisik dan dapat juga dibeli melalui aplikasi MySmartfren (MySf).

Kedua Paket Unlimited ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan konsumen untuk bekerja dan belajar dari rumah ataupun memenuhi kebutuhan berkomunikasi dengan keluarga di kampung halaman melalui layanan panggilan video sebagai media silaturahmi karena tidak dapat mudik saat Lebaran.

Baca juga: Smartfren-IESPA gelar kejuaraan e-sports nasional

Baca juga: Smartfren berikan akses bebas kuota Ruangguru

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Takbir keliling ditiadakan, Pemkab Batang lakukan patroli

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar