Jakarta (ANTARA) - Pada Jumat (24/4) jumlah pasien COVID-19 yang sembuh di Indonesia secara kumulatif mencapai 1.000 lebih dan 22 rumah sakit menyatakan siap terlibat dalam uji klinis obat untuk menangani pasien yang terinfeksi virus corona tipe baru.

Selain itu ada warta lain mengenai perkembangan penanggulangan pandemi COVID-19, penggunaan dana bantuan operasional sekolah, dan pengurangan tutupan hutan di wilayah Indonesia yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

1. Seribu lebih pasien COVID-19 sembuh

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan hingga Jumat (24/4) pukul 12.00 WIB jumlah pasien COVID-19 yang sembuh bertambah 42 menjadi 1.002 orang. Sementara jumlah total kasus positif COVID-19 di Indonesia mencapai 8.211 kasus, 689 di antaranya menyebabkan kematian.

2. BOS tak bisa digunakan untuk gaji guru honorer tidak terdaftar

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad mengatakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang tidak bisa digunakan untuk membayar honor guru honorer yang tidak terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Hamid mengatakan data guru di Dapodik merupakan dasar untuk audit, karena itu kepala sekolah dan proktor Dapodik wajib memasukkan data semua guru yang ada di sekolah di Dapodik.

3. 22 RS siap uji empat obat untuk COVID-19

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof Abdul Kadir mengatakan 22 rumah sakit siap melakukan uji klinis terhadap empat obat yang dalam program Solidarity Trial yang dikoordinasi Organisasi Kesehatan Dunia.

"Indonesia menjadi negara keenam yang telah memulai pelaksanaan studi ini. Melalui pengujian ini diharapkan bisa mempercepat penemuan obat untuk COVID-19," kata Abdul Kadir.

Solidarity Trial merupakan program WHO yang melibatkan lebih dari 100 negara untuk melakukan pengujian klinis terhadap empat kandidat utama obat atau kombinasi obat untuk pasien COVID-19 yakni remdesivir, lopinavir/ritonavir, gabungan lopinavir/ritonavir ditambah interferon beta 1A, dan chloroquine/hydroxychloroquine.

4. Jenazah PDP Kota Sorong dimakamkan di pekuburan COVID-19

Pasien dalam pengawasan di Kota Sorong berinisial HR (34) yang meninggal dunia Kamis (23/4) dimakamkan di permakaman khusus COVID-19 di Jalan Suteja, Kelurahan Malasilen, Jumat (24/4).

HR adalah pasien meninggal akibat COVID-19 yang pertama dikuburkan di permakaman khusus yang sempat menimbulkan protes warga tersebut.
​​​​​
5. Indonesia selama 2018-2019 kehilangan 462.400 hektare tutupan hutan

Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan bahwa Indonesia selama periode 2018-2019 kehilangan tutupan hutan seluas 462.400 hektare.

"Angka itu berasal dari angka deforestasi bruto sebesar 465.500 hektare dikurangi angka reforestasi sebesar 3.100 hektare," kata Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Sigit Hardwinarto.

 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020