setiap orang wajib menggunakan masker
Sidoarjo (ANTARA) - Gugus tugas COVID-19 di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur menyalurkan sebanyak 1,5 juta masker kepada masyarakat di 18 kecamatan yang ada di kabupaten setempat sebagai upaya mengantipasi penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

Ketua Gugus tugas COVID-19 di Sidoarjo Jawa Timur Nur Ahmad Syaifuddin di Sidoarjo, Sabtu mengatakan masker yang disalurkan itu merupakan bantuan dari para pengusaha di wilayah setempat.

"Kami mengapresiasi pemberian masker ini dan nantinya masker dari donatur bakal didistribusikan ke seluruh desa di Kabupaten Sidoarjo, dipastikan setiap rumah tangga mendapatkan," katanya.

Ia mengatakan, masker tersebut juga akan disalurkan untuk tenaga medis yang selama ini telah berjuang di garda terdepan dalam penanganan kasus COVID-19.

Baca juga: Jumlah pasien positif COVID-19 di Sidoarjo bertambah 5 jadi 71 orang

Baca juga: Kabupaten Sidoarjo siapkan 21 titik "check point" saat PSBB


"Ini salah satu langkah melawan pandemi ini bersama-sama. Karena dalam mengatasi masalah ini tidak bisa dilaksanakan sendiri-sendiri," kata Cak Nur sapaan akrab pria yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Sidoarjo.

Dalam kesempatan itu dirinya juga mengingatkan kepada masyarakat untuk mengenakan masker setiap kali akan keluar rumah, terutama menjelang pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kabupaten Sidoarjo pada hari Selasa, 28 April 2020.

"Selama pemberlakuan PSBB, setiap orang wajib menggunakan masker di luar rumah," katanya.

Ia menerangkan, akan ada sanksi bagi pengusaha atau pedagang di pasar yang tidak menggunakan masker akan ditutup.

"Sedangkan masyarakat saat keluar rumah tidak menggunakan masker, akan kami pulangkan," katanya.

Baca juga: Khofifah: Surabaya serta sebagian Sidoarjo dan Gresik sepakat PSBB

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020