Kupang (ANTARA) - Seorang nelayan Viktor Imanuel Nofus (38) warga Desa Oelfatu, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur dilaporkan hilang saat mencari ikan di wilayah perairan Oelfatu dan hingga saat ini masih belum ditemukan.

Nelayan itu dilaporkan belum kembali saat melaut oleh pihak keluarga sejak Kamis (23/4/2020), kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Emi Frieser ketika dihubungi di Kupang, Sabtu.

Dikatakannya, berdasarkan keterangan Elia Hois yang merupakan keluarga dari bersangkutan bahwa korban pergi melaut Kamis (23/4/2020) pada pukul 07.05 Wita namun hingga sore hari belum kembali.

"Korban pergi mencari ikan menggunakan sampan di perairan Oelfau dan hingga saat ini belum kembali," kata Emi Frieser.

Baca juga: Seorang nelayan hilang saat memancing di perairan Bintan Kepri
Baca juga: Seorang nelayan hilang di laut Pangandaran


Ia mengatakan, tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang telah melakukan upaya pencarian sejak Sabtu (25/4/2020) dengan mengerahkan Kapal Negara (KN) Antareja 233 dengan 12 anggota SAR untuk melakukan operasi pencarian korban di perairan Oelfau.

Ia mengatakan, dalam operasi pencarian hari pertama yang dipimpin Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Supriyanto Ridwan belum menemukan korban yang dilaporkan hilang itu.
 
Tim SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Nusa Tenggara Tmur melakukan upaya pencarian terhadap Viktor Imanuel Nofus (38) warga Desa Oelfatu, yang hilang saat mencari ikan di perairan Oelfatu, Sabtu (25/4/2020). ANTARA/HO-Basarnas Kupang)


"Operasi pencarian hari pertama dilakukan pukul 17.45 Wita korban masih belum ditemukan, karena kondisi di lokasi tempat korban dilaporkan hilang sudah mulai gelap sehingga operasi pencarian dihentikan," kata Emi Frieser.

Dikatakannya, operasi pencarian terhadap warga Desa Oelfatu, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang itu akan dilanjutkan pada Minggu (26/4/2020).

Baca juga: Nelayan Pacitan hilang diterjang ombak besar pascagempa
Baca juga: Tim SAR temukan jenazah seorang nelayan hilang di perairan Bintan
Baca juga: Basarnas Babel operasi SAR gabungan pencarian empat nelayan hilang

 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020