Menkes RI serahkan 1.000 alat "rapid test" ke RSD Wisma Atlet

Menkes RI serahkan 1.000 alat "rapid test" ke RSD Wisma Atlet

Menkes RI Terawan Agus Putranto saat berkunjung ke RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (25-4-2020). ANTARA/HO

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyerahkan bantuan 1.000 alat rapid test kepada Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Sabtu.

Menkes disambut langsung oleh Kepala Pusat Kesehatan TNI Mayor Jenderal TNI dr. Bambang Dwi Hasto, Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Wapangkogasgabpad) Brigadir Jenderal TNI M. Saleh Mustafa, Asisten Operasional TNI Kolonel Infanteri Prabowo S., Kolonel Corps Kesehatan Militer dr. Dony, dan Letnan Kolonel Marinir M. Arifin.

"Kehadiran Menkes RI Terawan menyerahkan alat rapid test yang tiga setrip untuk penanganan pasien COVID-19 karena alat rapid test yang saat ini digunakan di RSD Wisma Atlet baru ada dua setrip," ujar Kepala Puskes TNI Mayjen TNI dr. Bambang Dwi Hasto berdasarkan rilis yang diterima di Jakarta.

Baca juga: RSD Wisma Atlet khusus tangani COVID-19 ringan hingga sedang

Baca juga: Menkes setujui PSBB Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik

Baca juga: Ketua Gugus Tugas: PSBB tetap mengacu pada Peraturan Menkes


Menkes RI disambut pertama kali di Tower III RSD Wisma Atlet Kemayoran. Di tower tersebut, dokter Terawan sempat menerima laporan singkat penanganan pasien COVID-19, meninjau sejumlah ruangan di Tower III RSD Wisma Atlet yang dijadikan sebagai tempat logistik, serta mengamati gambar yang terpampang di dinding tentang skema penanganan COVID-19 yang ada di RSD Wisma Atlet.

Kepala Puskes TNI Mayjen TNI dr. Bambang Dwi Hasto mengatakan bahwa Menkes RI juga meninjau kesiapan lokasi Tower IV, Tower V, dan Tower VI RSD Wisma Atlet Kemayoran yang rencananya juga untuk antisipasi penanganan apabila jumlah pasien yang terinfeksi COVID-19 terus bertambah.
Menkes RI Terawan Agus Putranto saat berkunjung ke RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (25-4-2020). ANTARA/HO


Saat ini, baru satu tower yang digunakan untuk menampung pasien COVID-19, yaitu tower tujuh, sedangkan tower empat, lima, dan enam rencananya baru dipersiapkan untuk pengembangan apabila jumlah pasien tak kunjung menurun.

Hingga Sabtu (25/4) pukul 08.00 WIB, pasien yang dirawat inap di RSD Wisma Atlet Kemayoran  mencapai 824 orang, terdiri atas 498 pasien pria dan 326 pasien wanita.

Dari 824 orang pasien rawat inap tersebut, 701 di antaranya adalah pasien terkonfirmasi positif COVID-19, kategori pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 64 orang, dan pasien rawat inap berkategori orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 59 orang.

Namun, RSD Wisma Atlet Kemayoran yang berada di Jakarta Pusat itu hanya menangani pasien ringan hingga sedang. Apabila ada pasien yang sakit berat, akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih lengkap fasilitasnya di wilayah DKI Jakarta.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Indonesia - Unicef kerjasama pastikan ketersediaan vaksin Covid-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar