Ambulans pembawa pasien COVID-19 asal Abdya kecelakaan di Aceh Jaya

Ambulans pembawa pasien COVID-19 asal Abdya kecelakaan di Aceh Jaya

Satu unit armada ambulans milik Public Service Centre (PSC) Kabupaten Aceh Jaya membantu mengevakuasi seorang pasien positif COVID-19 yang mengalami kecelakaan tunggal saat menumpang armada ambulans RSUD Teungku Peukan Aceh Barat Daya, di kawasan Simpang Lamthui, Lamno, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (25/4/2020) sore. ANTARA/HO

Meulaboh (ANTARA) - Satu unit armada ambulans milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teungku Peukan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang membawa seorang pasien positif COVID-19 berinisial AS, mengalami kecelakaan di kawasan Simpang Lamthui, Lamno Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya Provinsi Aceh, Sabtu sore.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi pukul 15.00 WIB ini, ketiga penumpang masing-masing pasien positif berinisial AS, seorang perawat pendamping dan seorang sopir ambulans selamat dalam musibah tersebut.

Baca juga: Tambahan enam positif COVID-19 di Nunukan termasuk balita

“Benar, satu ambulans yang mengangkut pasien corona mengalami kecelakaan di Aceh Jaya. Alhamdulillah semuanya selamat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya, Safliati di Blangpidie, Sabtu malam.

Ia mengaku tidak mengetahui secara persis penyebab kecelakaan tersebut, karena hingga Sabtu malam ia belum berhasil melakukan komunikasi dengan sopir dan seorang perawat pendamping.

Baca juga: COVID-19 NTB tembus 180 kasus, Mataram dan Lobar penyumbang tertinggi

Namun, pasien positif COVID-19 yang sebelumnya ikut mengalami kecelakaan, hingga Sabtu malam sudah berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh, untuk mendapatkan perawatan medis.

Beberapa saat setelah kecelakaan, kata Safliati, pihaknya sudah meminta bantuan kepada pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya untuk membantu membawa pasien yang mengalami kecelakaan menggunakan armada ambulans milik PSC Aceh Jaya.

Baca juga: Papua Barat umum tambahan satu positif COVID-19 di Bintuni

Safliati menambahkan, pasien As sebelumnya dinyatakan positif terinfeksi virus corona (COVID-19) berdasarkan hasi uji swab yang dilakukan oleh Balitbangkes Aceh di Banda Aceh.

Pasien asal Kabupaten Aceh Barat Daya tersebut kemudian dibawa ke Banda Aceh untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, ungkapnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden ajak ulama Aceh jaga persatuan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar