Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, Nazaruddin mengatakan ada satu warga Dusun Lunsara, Desa Suka Maju, Kecamatan Putussibau Selatan, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, berinisial MA (51) dinyatakan positif COVID-19.
 
"Setelah diketahui positif COVID-19 yang bersangkutan dijemput dan dirawat secara ketat di Rumah Sakit Putussibau," kata Nazaruddin, di Posko dan Pusat Informasi COVID-19, di Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Sabtu.
 
Disampaikan Nazaruddin, riwayat perjalanan pasien tersebut pada Minggu (29/3) lalu, datang dari Makassar yang merupakan klaster Gowa dan sempat menginap tiga hari di Pontianak.

Baca juga: Kontak pasien tes cepat, 14 orang petugas RSUD Putussibau diiisolasi
Baca juga: Cegah COVID-19, istri TNI Kodim Putussibau jahit masker mandiri
 
Setelah itu pada tanggal 2 April 2020, yang bersangkutan tiba di Dusun Lungsara Desa Sukamaju.
 
"Sebelumnya kami sudah lakukan rapid test pada 14 dan 16 April 2020, setelah itu mengambil sample swab pasien pada 17 April 2020 dan dikirimkan ke Pontianak, hasil tes nya keluar pada 25 April 2020 dan dinyatakan positif COVID-19," jelas Nazaruddin.
 
Atas peristiwa tersebut, Nazaruddin mengimbau kepada warga Lunsara, Desa Suka Maju, Kecamatan Putussibau Selatan, yang merasa sudah melakukan kontak langsung dengan pasien positif COVID-19, harap segera memeriksakan diri ke Puskesmas Putussibau Selatan.
 
Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengatakan dengan kasus itu maka sampai saat ini sudah ada tiga orang klaster Gowa yang terkonfirmasi atau positif COVID-19, dua asal Singkawang dan satu dari Kabupaten Kapuas Hulu.

Baca juga: Distan Kalbar petakan dampak wabah COVID-19 bagi sektor pertanian
Baca juga: Kalbar periksa mandiri swab PDP COVID-19 di Laboratorium FK Untan
Baca juga: Gubernur Kalbar umumkan penambahan 8 kasus positif COVID-19
 
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020