Mentan upayakan ketersediaan 11 komoditas pangan selama COVID-19

Mentan upayakan ketersediaan 11 komoditas pangan selama COVID-19

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) didampingi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto (kiri) membagikan beras kepada warga di ATM pertanian Si Komandan di Kodim 0621 Kabupaten Bogor, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/4/2020). Kementerian Pertanian menempatkan ATM beras gratis di sejumlah Kodim di wilayah Jabodetabek dan membagikan 1,5 ton beras per harinya sebagai upaya membantu masyarakat miskin yang terkena dampak COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengupayakan agar ketersediaan 11 komoditas pangan nasional selama wabah COVID-19 aman.

"Dari pertanian harus ikut bertanggung jawab pada 11 komoditas pangan dasar," kata Yasin dalam telekonferensi yang dipantau dari Jakarta, Minggu.

Dia mengatakan 11 komoditas itu di antaranya beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabe besar, cabe rawit, daging sapi dan daging kerbau, daging ayam ras, telur ayam, gula pasir serta minyak goreng.

Baca juga: Mentan pastikan stok beras aman selama hadapi COVID-19

Kementerian Pertanian dan Badan Pusat Statistik, kata dia, sudah melakukan perhitungan melalui neraca dan komoditas dasar itu dalam kendali atau dapat mencukupi kebutuhan nasional. "Dalam kendali yang mampu dijadikan referensi kita semua dalam kondisi aman dan terkendali."

Hanya saja, lanjut dia, terdapat tiga komoditi yang agak tersendat pemenuhannya karena masih impor seperti bawang putih, gula pasir dan daging sapi.

Kendati begitu, Kementan terus mengintensifkan berbagai upaya dengan sejumlah kementerian, lembaga dan unsur terkait agar ketersediaan tiga komoditi dasar untuk kebutuhan nasional itu terpenuhi.

Baca juga: Kunjungi Kodim Depok, Mentan pastikan bantuan lewat ATM Beras berjalan

"Daging sapi agak terlambat datang dari pengimpor kita karena di sana terjadi 'lockdown', melakukan penutupan pelabuhannya sehingga terlambat pengiriman," kata dia.

Sementara untuk bawang putih dan gula pasir, Yasin mengatakan akan terus tersedia meski ada kendala setidaknya pada akhir 2-3 pekan akhir bulan puasa akan dapat dipenuhi.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pasien sembuh lampaui kasus positif pada 31 Juli

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar