Artinya ketambahan empat kasus baru dari hari sebelumnya
Manado (ANTARA) - Jumlah kasus masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Sulawesi Utara menjadi 40 orang atau bertambah empat kasus baru dari sebelumnya, kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sulut dr Steaven Dandel.

"Seperti yang sudah dipublikasikan pemerintah pusat, hari ini jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 menjadi 40 orang, artinya ketambahan empat kasus baru dari hari sebelumnya," katanya di Manado, Minggu.

Ia merinci, kasus ke-37 yaitu pria berusia 38 asal Kota Bitung, pasien tersebut memiliki riwayat perjalan dari daerah dengan transmisi lokal sebulan lalu.

Kasus ke- 38 adalah wanita berusia 32 tahun asal Kota Bitung, pasien tersebut adalah kontak erat risiko tinggi dari kasus ke- 37.

Kasus ke- 39 yaitu pria berusia 53 tahun asal Kota Manado, pasien tersebut yaitu kontak erat risiko tinggi dengan kasus ke- 35.

Sedangkan kasus ke- 40 adalah wanita berusia 19 tahun, asal Kota Manado, pasien tersebut adalah kontak erat risiko tinggi kasus ke- 35 dan kasus ke- 39, dia juga termasuk pelaku perjalanan dengan transmisi lokal.

Ia menambahkan, hingga Minggu ini jumlah kasus sembuh pasien terkonfirmasi positif setelah dua kali dilakukan pemeriksaan laboratorium bertambah empat orang sehingga total menjadi 11 orang dibandingkan dengan posisi sehari sebelumnya yang berjumlah tujuh orang.

Selanjutnya, jumlah pasien terkonfirmasi positif yang meninggal sebanyak tiga orang.

"Total pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang masih sementara dirawat sebanyak 26 orang," katanya.

Perawatan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut terdistribusi di RSUP Kandou (dua orang), Rumah Sakit Pobundayan (enam orang), Rumah Sakit Wolter Monginsidi (10 orang), RSUD Anugerah (dua orang), Rumah Sakit Liunkendage (satu orang) dan Rumah Sakit Siloam (lima orang), demikian Steaven Dandel.

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 Sulut ingatkan jas hujan tidak aman dari corona

Baca juga: Uji coba Laboratorium COVID-19 Sulut direncanakan Rabu (29/4)

Baca juga: Ada 12 tambahan, kasus positif COVID-19 di Sulut naik jadi 32 orang

Baca juga: Jumlah PDP meninggal di Sulut capai 21 orang

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020